Tuesday, March 13, 2007

Stand Up for the MDG's!!!

We know what to do
We know when to do it
We know who should do it
We have adequate resources
We can monitor progress
There is no excuse not to fulfil the
Millenium Development Goals

Sudah beberapa minggu ini saya nonton salah satu stasiun teve dan liat sebuah iklan layanan masyarakat tentang MDG. Lalu jadi bertanya2, apa, sih, MDG itu? Setelah beberapa waktu searching via mbah Google, akhirnya saya mulai memahami apa yang dimaksud dengan MDG dan apa tujuan dari adanya MDG itu. Dan saya ingin membaginya dengan kamu semua, in case, ada yang sama penasarannya dengan saya tentang MDG.

MDG merupakan kependekan dari Millenium Development Goals.
Pada bulan September tahun 2000, para wakil dari 189 negara berkumpul dan menandatangani sebuah deklarasi yang disebut dengan Millenium Declaration. Deklarasi ini berisikan 8 poin yang sangat penting bagi perubahan dunia ke arah yang lebih baik. Ke delapan poin tersebut adalah:
Eradicate extreme poverty and hunger (penghapusan kemiskinan) ;
Achieve universal primary education (pendidikan untuk semua) ;
Promote gender equality and empower women (persamaan gender) ;
Combat HIV/AIDS, malaria, and other diseases (perlawanan terhadap penyakit) ;
Reduce child mortality (penurunan angka kematian anak) ;
Improve maternal health (peningkatan kesehatan ibu) ;
Ensure environmental sustainability (pelestarian lingkungan hidup) ;
Global partnership for development (kerjasama global)

Setiap poin, tentunya memiliki target dan tujuannya masing2. Dan target serta tujuan dari ke delapan poin tersebut, harus dapat tercapai pada 2015 nanti!

Menurut saya, adanya deklarasi atau kesepakatan ini, justru seharusnya bisa membantu memotivasi negara2 berkembang untuk semakin mengembangkan diri sehingga bisa maju bersama2 dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Salah satu dari 8 poin MDG adalah Mengentaskan Kemiskinan. Tidak dapat dipungkiri, saat ini jumlah masyarakat miskin masih sangat banyak. Perlu saya ingatkan, salah satu syarat seseorang dikategorikan masyarakat miskin adalah jika ia harus bertahan hidup hanya dengan biaya kurang dari atau sama dengan $1 perhari!! Bisa dibayangkan apa yang bisa dilakukan untuk membiayai hidup perhari-nya hanya dengan uang kurang dari $1 di jaman yang serba mahal ini? Kalau saya, sih, tidak bisa.

Lalu, poin lainnya adalah Mencapai Pendidikan Dasar bagi Semua Orang. Yang ini tidak perlu banyak dibicarakan. Karena kita semua tentunya tau dan sadar bahwa masih banyak anak yang putus sekolah dan orang dewasa yang buta huruf atau tidak memiliki pendidikan yang memadai sehingga tidak dapat meningkatkan taraf hidupnya. Tentunya, masalah pendidikan ini berkaitan erat dengan masalah kemiskinan tadi. Jika untuk hidup sehari2 saja masih kurang, apalagi untuk sekolah? Jika kita tidak memiliki pendidikan yang layak di jaman sekarang ini, apa mungkin masih ada yang bersedia mempekerjakan kita dengan pekerjaan yang nyaman dan berpenghasilan cukup?

Poin2 lainnya pun tentu tak kalah penting *tapi kalau saya bahas semua 'kan posting ini jadi kepanjangan... hehe...* Nah, sekarang saatnya kita untuk turut ikut serta mensukseskan deklarasi ini. Karena tanpa keikut sertaan kita, tentu akan sulit mencapai ke delapan tujuan tersebut. Meski ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa MDG hanyalah cara lain bagi negara2 maju untuk menjebak negara2 berkembang ke dalam jurang hutang yang lebih dalam. Tapi, kalau dilihat lagi ke delapan poin yang telah disebutkan tadi, saya yakin kamu tidak sependapat. Karena kerjasama itu hanyalah satu dari delapan poin deklarasi. Lagi pula, ke tujuh sisanya toh akan lebih baik jika dicapai dengan menggunakan biaya sendiri. Hanya saja, jika ternyata tidak ada biaya, negara2 maju yang ikut menandatangani Deklarasi Milenium akan mengucurkan dana bantuan, seperti pada poin yang ke delapan.

Ada banyak cara untuk ikut mensukseskan deklarasi ini. Di antaranya tidak membuang sampah sembarangan, menghemat penggunaan air dan listrik, serta menghemat penggunaan kertas. Selain itu, kita juga bisa membantu secara materi dengan menyumbangkan dana langsung atau membeli sebuah gelang berwarna putih yang merupakan simbol dari gerakan penghapusan kemiskinan. Mungkin di antara kalian ada yang pernah mendengar tentang ONE.ORG? Nah, ONE.ORG tersebut merupakan salah satu cabang dari MDG ini di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri ada yang disebut "gelangputih". Sayangnya, hingga saat ini masih berupa wacana dan gelangnya belum dapat didistribusikan.

Tentu masih ada banyak lagi cara lainnya yang bisa kita lakukan. Tinggal bagaimana kita melaksanakannya saja. Nah, Kalo masih ada yang kurang jelas tentang MDG, bisa tanya langsung kepada saya *kalo saya bisa bantu jelaskan akan saya jelaskan, tapi kalo engga, maaf ya... :p* atau kunjungi situs-situs berikut ini : UN-MDG, UNDP-MDG, StandUp, WhiteBand, GelangPutih. Semoga Bermanfaat, ya... =)

16 comments:

Anonymous said...

seandainya prakteknya semudah teori na,...

tapi mata dukung sepenuhnya...

Anonymous said...

ini program emang bagus na. secara idealisme emang bagus...

tapi yah, semoga bisa direalisasikan ^_^

Anonymous said...

the goals seem too ambitious as the world where we live will never be a perfect place for everybody, sadly.

Anonymous said...

kira-kira taon berapa ya indonesia bisa mencapai keadaan yang dideklarasikan itu,,,, ehh salah kali yah,.... bukan kapan pertanyaannya, tapi lebih ke masalah bisa apa nggak... :p

Ancilla said...

yah yang namanya harapan harus tetap digalang...
kenapa perlu dicatat 2015? yah biar terpacu. coba kalau kita punya cita-cita tanpa ada ancer-ancer? hehehe...

hanya saja, karena dunia ini dihuni bersama, maka cita-cita dunia harus dilakukan bersama-sama juga ^^

Mashuri said...

........ Meski ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa MDG hanyalah cara lain bagi negara2 maju untuk menjebak negara2 berkembang ke dalam jurang hutang yang lebih dalam.....

Program yang bagus...tapi ya..itu kdg-kdg program tsb ada udang....

Sistem demokrasi yang dikembangkan sekarang khan ada kemakmuran tapi harus ada juga dimelaratkan...

Korban-korban yang sengaja dibikin sengsara saat ini:Irak, Palestina, dan beberapa kawasan di Afrika.

Unknown said...

@mata: makanya kita ikut ulurkan tangan, ta!
@mnx: amien :)
@aroengbintang: it does. but at least we can do something just to make it better.
@bebek: ancer2nya kan 2015. semoga saja paling tidak pada tahun tersebut kita sudah menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik.
@ancilla: yupz! makanya itu, saya ngajak kita semua untuk ikut serta mensukseskannya!
@mashuri: tujuan program ini 'kan untuk mensejahterakan rakyat di dunia. Irak, Palestina, dan kawasan Afrika tentunya juga jadi fokus program ini. mudah2an saja pada saatnya nanti, target tersebut bisa tercapai

Sultan Dito said...

ah komen dulu baru baca postinganmu ah
KAAAAANAAAAAAA
NGKAN NGKAN NANA NAH NAH NAHKAN NAKAHN KANAKNAKNAKNAKNAKNAKNAK KANA ZOMGD NGAKN NGKAN
KAKANANA
dah...ta baca postinganmu yah:)

Anonymous said...

iya, moga-moga bisa direalisasi ga cuma, katanya, permainan negara-negara maju.

Anonymous said...

i agree. btw, $1 sehari? $1 sehari termasuk makan? wah...!

Unknown said...

@sultandito: :o ada ditto!! yampyun!!
@wier: we all hope so :)
@yodee: yupz! less than what wee need kan?

Anonymous said...

ya kita berdoa saja, semoga itu dpt tercapai.. :)

Unknown said...

@nia: amien.. :)

pyuriko said...

Aku blom nonton iklan yg ini lho..., jarang nonton tv sih.... tp sprtnya bagus, semoga aja bisa diwujudkan... ^_^

Unknown said...

@pyuriko: we hope so :)

Anonymous said...

sudah buka blog ini belum...
http://mdgblogs.blogspot.com/

ini blog yang didekasikan untuk mensosialisasikan MDG di kalangan dunia maya....