Monday, April 30, 2007

Catharsis

Ibu2: Aduh, jangan dorong dorong, dong! Semua juga mau turun koq!
Cewe1: Yeiy, namanya juga naek kereta!
Cewe2: Iya, kalo naek kereta ya keik gini!
Cowo: Naek ambulance aja, bu! *tepat di depan telinga saya*
Saya: Berisik!
Cowo: NAEK AMBULANCE! *tepat di belakang saya*
[saya pun berbalik]
Saya: BERISIK!
Cowo: Apaan sih?!
Saya: Elo tuh! Tereak di telinga gue! Mending suara lo merdu! BRENGSEK! *tepat di depan wajahnya*
[berbalik dan pergi ke arah angkot2 yang sudah menunggu]
Cowo: [ga tau, mungkin dalam hatinya dy bilang "WTF?!"]

Yah, saya memang tipikal orang yang mudah panas alias beremosi tinggi. Apalagi saat berada dalam tekanan seperti saat ini. Tekanan ditinggal orangtua pulang kampung, tekanan pekerjaan, tekanan hubungan antar manusia, dan tekanan lain-lain!

Sadar atau tidak, saat seorang individu berada dalam tekanan, maka ia akan mudah marah atau justru menjadi cengeng. Yah, itu adalah bentuk katarsis yang dipilihnya. Dan saya memilih untuk marah dan terlihat garang di depan orang kemudian menangis tersedu2 saat saya sedang sendiri sebagai katarsis.

The term catharsis has been used for centuries as a medical term meaning a "purging." Most commonly in a medical context, it euphemistically refers to a purging of the bowels. A drug, herb, or other agent administered as a strong laxative is termed a cathartic.

The term catharsis has also been adopted by modern psychotherapy, particularly Freudian psychoanalysis, to describe the act of expressing deep emotions often associated with events in the individual's past which have never before been adequately expressed. Catharsis is also an emotional release associated with talking about the underlying causes of a problem (it was first mentioned by Aristotle: catharsis associated with audience watching tragic plays)
Source: Wikipedia

Lelah! Saya lelah! Padahal liburan weekend baru saja selesai. Seandainya saya sudah dapat jatah cuti... T_T

Hari ini saya juga mati rasa!

19 comments:

Anonymous said...

hihi.. kasian juga tuh ibu2 ya..
*comment gak nyambung*

Anonymous said...

tapi sabar itu ada batasnya ya na... sesekali emang harus emosi tinggi... biar legaaa

Beni Suryadi said...

jadi penasaran pengen rasain naek kereta rame ramean gitu, hehehe

Unknown said...

@w@hyu: huuh, emang pada ga sopan tu bocah2 gendeng!
@mata: iya ta.. =)
@benx: ayo, mumpung lagi di jakarta, eh, apa sudah pulang lagi ke bandung?

.n.a.n.a. said...

Nasib yg sama.. Lelah.. Lelah.. Tp blm bs cuti :(

Adi said...

emosi tinggi = lelah :) Tp namanya juga hidup di Jakarta ya :D

Angie said...

bedeh..bu jgn galak2 atuh.... huehuehuehuehue.. lagi PMS kali ya? ;p

me said...

sama kek angie..
kirain pms *tuink*
hehehehhehehe

badai pasti berlalu
tabah yah jeng *wink*
tapi klo mo marah marah ato nangis nangis juga, mbok ya silahken.. jangan sampe makan ati aja..

nuuii said...

Ya gitu dech kereta jabotabek.
Sabar ya na..sabar jangan marah-marah [kayak yang ngomong orangnya sabar aja] ;D
Orang sabar di sayang Tuhan..

Unknown said...

@.n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g: menyedihkan ya... T_T
@adi: kwkwkw... ya.. gitu deh! ;p
@angie: pms dah lewat buk! kwkwkw...
@eva: kikikik... iyah... =p
@nuuii: mudah2an disayang gentong juga... *hayah!

Anonymous said...

hihi..makane na aku gak pernah mau kalo d suruh naek kereta merah itu pas hari kerja...bakal jadi lontong balap beneran..hihi

bebex said...

halah,,,
kalo ama bebex ajha suka nangis...
sok2 marah :D
hehehehe

Unknown said...

@mei: yah.. abis gimana dunkz bu.. namanya juga nyari duit.. =9
@bebex: hush! jangan bilang2 ta bex! *cemberutz*

dezz said...

eh bisa jadi itu salah satu trik copet di kendaraan umum.. maunya mepet atao merapat

btw kmrn jadi na ke WBD?

Unknown said...

@dezz: jadiiiiii...huwaaa... *nangis bedarahdarah* dezz kenapa sakit seeeeyyy =9

Anonymous said...

Koq, orang-orang pada begitu ya?

Apakah sarkastis kalo saya mengatakan:

Itulah eNdonesia...!

Unknown said...

@mashuri: yah, memang
Itulah eNdonesia...! =))

Anonymous said...

kalo kata sigmund freud, brarti Id mu menang tuh...
tapi kalo kata carl jung, shadow mu yang menang.
apalah ituuu
jangan terlalu percaya sama psikologi, buku psikologi, ato psikolog ternama sekalipun.
biasanya psikolog punya kehidupan yang paling berantakan.
dan orang yang bisa nulis buku best seller tentang perkawinan yang bahagaia adalah dia yang selalu gagal dalam hal itu.

ga semua yg lo denger itu bener. hehehehe...

Unknown said...

@suep: he?? itu iklan yah? =9