Tuesday, May 15, 2007

Hapal Gak???

Pagi hari selalu saya awali dengan mendengarkan siaran duet kocak Ari Dagienkz dan Dedi Desta di salah satu radio swasta asal Jakarta. Sumpe, deh, itu orang berdua emang gak ada matinya! Selalu adaaaa aja hal lucu yang tiba-tiba muncul di waktu siaran. Terutama Desta 'si manusia bodoh'. 'Bodoh'nya betulan, lho! Hehe.. engga denk... ntar gw dimaki-maki Desta, deh...

Dan pagi tadi, mereka membahas tentang hapalan Pembukaan Undang-Undang dasar 1945 *pembukaannya ga di amandemen 'kan yah? =9* Dan, ya... seperti biasa, bodohnya si Desta keluar. Tapi ternyata, dari beberapa orang kawula muda *panggilan unuk pendengar radio ini* yang ditelepon untuk dites seberapa hapalnya mereka, sebagian besar cukup bisa menghapalnya. Ya, agak tersendat sendat sih... agak agak butuh bantuan mengingat gitu.

But, hey, apakah kamu juga bisa menghapalnya dengan baik tanpa ada kesalahan satu kata pun? Kalau pertanyaan itu dilemparkan kepada saya, akan saya jawab dengan kata 'tidak!' Beneran, saya gak hapal pembukaan UUD '45! Sama seperti para penelepon itu, saya butuh bantuan untuk bisa mengingat dengan benar kata per kata isi dari Pembukaan tersebut. Jaman sekolah sampe SMA dulu, sih, hapal mati! Secara tiap hari Senin pasti ngedengerin pembacaan teks Pembukaan itu. Tapi sekarang??? Upacara aja udah gak pernah! =9

Terus, saya juga jadi ingat waktu ujian mata kuliah Kewirausahaan dulu. Salah satu butir soalnya adalah peserta ujian diminta untuk menuliskan isi teks Proklamasi! Mampus aja deh!! Mana hapal??? Akhirnya, peserta di satu ruangan ujian itu nyari siapa yang bawa uang 100ribuan!! Haqhaqhaq....

Well, kalau melihat kondisi seperti itu miris, ya? Padahal kita ini 'kan katanya Warga Negara Indonesia. Kok, yang begitu aja nggak hapal siy?? Eh, tapi kalau teks Pancasila saya, Insya Allah, masih hapal mati. Hehehe... perlu bukti? PM saya kalo saya onlen! Nanti saya sebutkan satu persatu! Eh, tapi sebentar lagi saya harus pergi liputan denk! Bener, deh, nggak ngeles! =9

So, ayo.... siapa yang masih hapal mati isi teks Pembukaan a.k.a Preambule UUD '45? Teks Proklamasi Kemerdekaan RI? Isi Pancasila? Jangan pake Googling ato memanfaatkan teknologi internet untuk mencari tahu isinya dulu ya!! Hehehe....

p.s.
Saya penasaran, apa, ya, hubungannya Kewirausahaan sama Pembukaan UUD '45? Dosen saya sampe detik ini ga bisa saya tanyai!

p.s. (lagi)
makasih buat yang sudah menjawab pertanyaan iseng saya. Kesimpulannya adalah
mengangkang untuk menyelamatkan kedua buah bola.
Ya? =9

20 comments:

Yati said...

mmm.....keknya masih deh. Insya Allah....soalnya udah terdoktrin mpe dalem banget di otak :d maklum, produk orde baru yang harus upacara tiap senin dan 17-an tiap bulan, hehehe

Eriek said...

kalo ingat dulu masa Orde Baru, sungguh sangat didoktrin untuk menghapalkan. entahlah, nurut aja apa kata pak/bu guru di sekolah.

mungkin di masa sekarang, belum tentu anak-anak sekolah mau menghapalkan. Mari kita tanya anak-anak. Hehe....

Anonymous said...

Aku lumayan hapal tuh teks pembukaan UUD 45 bahkan kata demi kata secara persis, cuma alinea IV yang nyangkut bener. Soal teks proklamasi, dari sejak ditugasin guru SD buat menghapalnya ampe sekarang gak pernah bisa lupa tuh. Pacasila? so pasti donk, ampe udah berkarat rasanya di otak.
Sekarang aku balik tanya, Kana hapal lagu garuda pacasila? coba tuliskan di tanggapan koment ini.

Anonymous said...

eh iya... sekalian ijin buat masukin link kamu ke blog ku yah, boleh khan, thanks

Anonymous said...

Haiii Kana, thanks yak udah mampir2 ke rumah baru aku hehehe. Samaaa aku juga suka banget dengerin PUTUSSS, lumayan bikin semangat pagi2 hehehe ketahuan deh dengerinnya siaran abegeh.

Pembukaan UUD 45? Djaman doeloe sih apal mati, tapi sekarang hehehe gak tau deh ya

Anonymous said...

UUD45 ? emang harus hafal ya..? emang ada hubungannya dengan nasionalisme dll ? kalo hapal UUD gak ada lagi korupsi dll ? mau dong..!

Beni Suryadi said...

Terutama Desta 'si manusia bodoh'. 'Bodoh'nya betulan, lho!


setuju...tadinya gw pikir gw orang paling bodoh, ga taunya ada si desta..hahahaha

jadi semangat mo kawin lagi =D

Unknown said...

@yati: gw juga produk orba, cuman sekarang dah ga pernah upacara jadi lupa :p
@eriek: hehe... yuk ya yuuukk...
@sheilla: haqhaqhaq... sama banget ma kana brarti! :p
@walahwalah: err, nasionalisme mungkin sedikit nyerempet yah.. tapi kalo soal korupsi keknyah engga.. yah namanya juga sekola jaman orba..
@benx: emang lu segitu desperatenya takut ga bisa kawin gara2 keBODOHan lu? haqhaqhaq....

Unknown said...

@whitegun: apal keknyah, dikit... =9

Garuda Pancasila
*nyanyi mode=on* *plizz jangan ditimpuk*
Garuda Pancasila, akulah pendukungmu
Patriot Proklamasi, [...] berkorban untukmu
*lupa, malah jadi inget Indonesia Raya*

iyah, Na cuman apal segituh.. maap. tapi kalo teks Pancasila Na apal mati. sumpah deh! =9

Mashuri said...

kalo saya selama masih ada tempat nanya, malas ngapalin.....he...he....

Unknown said...

@mashuri: aduh pak dokter... *gelenggeleng* =9

Anonymous said...

gua apal na! gua apal! hahaha...

secara gw selalu jadi yang bacain UUD 45, hahaha!

Anonymous said...

ahaha ku hapal. Soalnya kan dibacain mulu tiap senin. Sbg orang auditori ya mau ga mau cpt hapal. wahahahah

Btw kana san, aku buat blog lg di wordpress. lbh enteng bukanya dan bhsnya Indo kec tutorialnya. whwhwhw

Anonymous said...

cuma hapal alinea 4 doang.. :p

Anonymous said...

lancar sampai DENGAN SELAMAT SENTOSA.. baru mulai tersendat2, tapi akhirnya berhasil juga tuh.. gw anak Indonesia yang baik bukan?? hehehe..

Nieke,, said...

gakkk..
gak hapallll..
ampunnn...
ampunnnn...

xD

Anonymous said...

teks lagu Garuda Pancasila tuh gini yang bener:
Garuda Pancasila, akulah pendukungmu, patriot proklamasi, sedia berkorban untukmu, Pancasila dasar negara, rakyat adil makmur sentosa, pribadi bangsaku, ayo maju maju, ayo maju maju, ayo maju maju...
begitchu lho kana hehehe...

Anonymous said...

Hahahaha... UUD 1945, pancasila, proklamasi memang gak asik untuk di hapal. Yang penting kan nilai-nilainya...Ckckckckckck...ho'ohhh...
Kunjungi aku ya..

Unknown said...

@mnx: ahiaqahiaqhaqhaq....xD
@shirei: owyah?ntar aku maen deh =9
@nia: mending... xP
@bodhi: bagoezzzz... *acungjempol*
@nieke: kuampuni. karena aku juga gag hapal... xP
@whitegun: oh...gtu yah... kwkwkw...
@altratrimuri: wekekekekkk....

Routerlogin Net said...

Great post and very helpful!
Routerlogin
Routerlogin Net