Tuesday, January 23, 2007

Adab Buang Air

Let me ask you a question,
Have you ever pee or poop on the side of the main street?
Saya yakin pasti ada yang menjawab pernah. Terinspirasi dari apa yang saya lihat pagi ini saat hendak pergi ke tempat kerja, saya ingin membahas tentang hal ini.

Entah kenapa, [mungkin untuk alasan praktis dan tidak repot] para orang tua [terutama ibu2] akan membiarkan anaknya yang masih kecil untuk buang air kecil ataupun besar di pinggir jalan atau di tempat lain yang tergolong tempat umum [misal, di pinggir kebun].

Tentu saja, saat membacanya pasti semua menyipitkan mata dan beranggapan hal tersebut jorok. Tetapi, itulah kenyataannya. Tadi pagi, saat dalam perjalanan ke kantor, belum terlalu jauh dari rumah, saya mendapati seorang perempuan muda tengah memegangi anaknya yang tengah berjongkok di pinggir jalan sambil buang air kecil. Dan anak itu pun berjenis kelamin perempuan. Tentu, saya membelalakkan mata melihatnya.

Kok teganya perempuan muda itu membiarkan hal tersebut terjadi? Padahal di sekitar situ banyak rumah pribadi yang dihuni oleh pemiliknya. Tidak bisakah ia mengajak anaknya ke salah satu rumah untuk sekedar buang air kecil? Saya yakin, jika keadaan benar2 terdesak, tentu sang pemilik rumah juga akan mengizinkan.

Terus terang, saya pun dulu pernah seperti itu. Ketika masih kecil, mungkin sekitar usia 5-6 tahunan *saya lupa persisnya*. Buang air kecil di pinggir kebun seseorang lain. Atas suruhan dari salah satu anggota keluarga saya. Kebetulan ketika itu memang sangat urgent dan jauh dari rumah penduduk. Sehingga dengan sangat terpaksa, saya menurutinya. Hingga kini, jika mengingatnya, saya merasa sangat menyesal. Sungguh, itu bukanlah perbuatan yang baik dan tidak sesuai dengan adab yang diajarkan oleh agama saya. *maaf kalau terkesan agamais, tidak ada maksud seperti itu*

Saya juga teringat pada kejadian beberapa tahun yang lalu. Sepupu saya pernah tinggal di Bogor. Saat itu, mereka [sepupu saya, istri dan anak2nya] tengah berkunjung ke rumah saya orang tua saya. Tiba2 salah seorang anaknya yang perempuan [usia sekitar 4 tahunan] kebelet ingin buang air kecil. Kebetulan saat itu ada seseorang di toilet rumah saya orang tua saya. Karena sudah tidak kuat menahan rasa itu, akhirnya Ibunya terpaksa membiarkan ia buang air kecil di dekat keran air tempat menyiram kebun halaman rumah. Sejak itu, ia selalu buang air di tempat itu. Meski sudah diberitahu sedemikian rupa untuk buang air di toilet, ia tetap pada pendiriannya, yaitu buang air di dekat keran air tempat menyiram kebun halaman rumah.

See, terlihat 'kan, kalau hal tersebut sebetulnya kurang baik. Mengingat kejadian itu, saya jadi khawatir pada anak perempuan yang tadi pagi saya lihat. Mudah2an kelak ia tidak terus buang air di pinggir jalan raya! Hell, NO!!!

Pesanku: Jangan pernah membiarkan anak, saudara, cucu, cicit, keponakan, adik anda buang air di pinggir jalan. Demi kesopanan dan kebersihan lingkungan *buang air tentu ada bau yang tertinggal 'kan?*

Oya, jika sempat silahkan kunjungi weblog saya yang terbaru di sini. Weblog ini kelak akan saya isi dengan kumpulan puisi milik saya dan mungkin beberapa cuplikan puisi milik orang lain yang saya senangi. Saat ini memang baru terisi dengan satu buah puisi. Tapi akan segera bertambah. Hope you enjoy it!

6 comments:

Anonymous said...

pipis di pinggir jalan? blom..semoga gag pernah...

Sultan Dito said...

pernah dulu sekali pas balita beol di sawah pas perjalanan pake mobil..trus waktu mahasiswa ikut klub selam dah ga keitung berapa banyak taman nasional yang keindahan alamnya gw rusak dengan ampas-ampasku...

Nadiah Alwi - Write at Home Mom said...

Alhamdulillah belom pernah sampe kebelet gt...

:D

Darkpuccino™ said...

wah gimana nih... saya sering sekali pipis sembarangan. di ruang tamu, di tempat tidur, didapur, diteras rumah, waktu balita dulu.. hahaha.. :D

Anonymous said...

lha co aja kalau pipis harus dibasuh dengan air, kalau ngga nanti dineraga disulut api...

ahhh pokoknya ngga boleh itu. disamping jorok ya ngga pantes aja. an dilarang agama

Unknown said...

@tyka82: bagoesss!! ga bagus ajah kan kalo bu guru pipis sembarangan?
@sultan dito: no wonder...
@nadiah alwi: bagoess!! jangan biarkan anak2mu seperti itu ya buk!
@mr.cappuccino: itu masih wajar.. kalo di pinggir jalan 'kan ga wajar!
@mata: err.. beneran nih ta? ga pernah pipis sembarangan? =p