Monday, January 22, 2007

Self Confidence

Penat! Gara-gara sebuah truk mogok di belokan dekat kantor, butuh waktu 45 menit dari stasiun ke kantor! Padahal kepala saya pening dan perut saya mual selama perjalanan itu. Keringat dingin terus mengucur membasahi kerudung saya. Belum lagi di tengah jalan menuju kantor pun sempat terhadang sebuah bis berwarna kuning yang tiba2 mogok! Semakin penat saja!

Err... entah saya yang kurang jelas atau entah apa. Tapi, yang saya maksud pada postingan kemarin dan kemarinnya lagi, itu sangat jauh berbeda. Yang satu memang tentang Gentong, lainnya tentang seseorang yang membuat saya tidak keruan belakangan ini. Saya tidak ingin membahas tentang itu. Pokoknya, postingan tentang apa yang sering disebut 'cinta' hanya ada pada posting yang menyebut tentang telepon. Hehehe....

Hey, ternyata di Amerika sana blogger sudah mulai diakui sebagai jurnalis. Simak beritanya di sini. Hebat, ya? Begitulah kalau memang serius, dan memiliki kualitas, tentu akan banyak yang mengakui.

Oke, sekarang ke topik hari ini. Saya sedang ingin bicara tentang 'Percaya Diri' atau yang kerennya disebut 'self-confidence'. Belakangan ini saya merasa kurang percaya diri dalam berbagai hal. Terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Jangan tanya kenapa karena saya juga tidak tahu. Tapi, tadi malam saat tengah bosan dengan acara tv untuk ditonton, saya melihat sebuah acara reality show yang sudah ada jiplakan, oke, bukan jiplakan tapi versi, Indonesianya. Sebuah acara pencarian bakat.

Sejujurnya, saya tertawa saat melihat mereka yang tidak memiliki kualitas bagus tetapi maksa mengikuti acara tersebut. Misalnya saja saat ada seorang pria menyanyi dengan suaranya yang ... ya ... kurang enak didengar lah! Tapi meski begitu, jujur di dalam hati saya yang terdalam *err, what's that mean?* saya kagum padanya. Kepercayaan dirinya begitu tinggi. Ia bahkan menyatakan, banyak temannya yang menyebut dirinya mirip bahkan titisan Justin Timberlake *no comment*!

Rasa percaya diri, tentu sangat penting dalam setiap gerak langkah hidup kita. Jika kita merasa tidak percaya diri, tentu setiap keputusan pun diambil dengan penuh keraguan. Dan pastinya akan dijalani tidak dengan sungguh2 karena rasa tidak percaya diri itu. Rasa percaya diri juga lah yang membawa seseorang ke dalam sebuah kesukesan yang gemilang. Meski memang tak jarang pula hal itu membawanya ke dalam jurang kehancuran kala ia terlalu percaya diri dalam memilih sebuah keputusan yang salah.

Saya bukanlah seorang psikolog yang [mungkin] sangat memahami makna dari rasa percaya diri pada manusia. Atau mungkin lebih tepatnya pada makhluk hidup [karena bukan hanya manusia yang memiliki rasa tersebut, bahkan hewan pun memilikinya]. Tapi saya sangat yakin, rasa percaya diri lah yang menentukan akan jadi seperti apa masa depan kita kelak.

Sejujurnya, saat ini saya sedang dalam krisis rasa percaya diri. Belakangan karena beberapa peristiwa yang tidak saya kisahkan di sini saya merasa sangat tidak percaya diri terhadap diri saya sendiri. Terutama terhadap pekerjaan saya. Mudah2an saya segera recover dari krisis ini. Karena saya tidak mau kehilangan pekerjaan hanya karena hilangnya rasa percaya diri.

Bagaimana dengan anda?

5 comments:

Anonymous said...

pasti nonton american idol kan? itu tuh yang keren na... yang kakak beradik peranakan india itu loh... hebatnya bisa masuk 2-2nya... american idol sih unik banged.. orang-orangnya juga swear PD-nya TOP.. mungkin itu dampak liberalisme...

Unknown said...

@bebek: might be!

Anonymous said...

na, postingan lo bikin gw PD mengakui kalo gw mirip J-Lo, wakqkqkqkq...

Unknown said...

@mnx: =)) iya deee yang mirip j-lo-an.. *no hard feeling sistah

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)