Monday, May 21, 2007

Ada Bedanya, ya?

Memangnya ada perbedaan yang sangat signifikan antara menelepon dengan menggunakan awalan (+62....) dan awalan (0....), ya?

Karena saya baru saja mengalami hal itu.

Saya hendak menelepon seorang narasumber di nomor +62816xxxxxx. Tapi jawaban yang saya dapat adalah "Anda tidak dapat melakukan panggilan ke nomor ini." Saya pikir, mungkin masalah sinyal. Dan saya pun berpindah tempat. Tapi hal yang sama terulang. Mbak2 bersuara merdu (?) itu kembali mengatakan hal yang sama. Putus asa, akhirnya saya gunakan telepon kantor, minta disambungkan via operator. Tapi operator tak kunjung menyambungkan [@#$%^&*!!!!]. Saya coba lagi dengan ponsel saya. Kembali si mbak2 itu mengulang kalimat yang sama. Saya tidak dapat melakukan panggilan ke nomor tersebut. Apa mungkin karena pulsa tidak mencukupi? Nggak tuh. Setelah di-check nominal pulsa saya masih sangat mencukupi untuk melakukan sebuah panggilan telepon. Aneh bin ajaib!!! Saya pikir mungkin nomor narasumber saya itu yang bermasalah. Ya sudahlah. Lain waktu saja saya hubungi beliau.

Lalu saya menelepon si Gentong. Karena sejak meeting redaksi tadi dy miskol2 saya terus. *iyah, say, kamu lagi ngirit pulsa. saya tau. xP* And guess what?! Si mbak2 itu mengulangi kalimat yang sama!
Anda tidak dapat melakukan panggilan ke nomor ini.

Weks??? Wat de mining, tuh?? o_O

Then I called the Contact Service Officer (CSO) of my SIM card. Setelah berulang kali nada sibuk, akhirnya tersambung juga.

CSO : Selamat sore, dengan XXX bisa dibantu? [suaranya merdu....]
Kana: Iyah, mas. Saya Kana. Mau tanya dunkz.
CSO : Selamat sore, Ibu (?) Kana. Ada yang bisa saya bantu?
Kana: Jelas ada dunkz, mas. Ga mungkin saya telpon kalo ga minta bantuan.
CSO : Maaf, sebelumnya bisa disebutkan nomor kartu SIM card anda, Ibu (?!) Kana?
Kana: Ok. 0856xxxxxxx.
CSO : Baik. Saya ulangi, ya, Ibu (?!!) Kana. Nomor anda..... [bla..bla..bla...] Ada yang bisa saya bantu?
Kana: Iya, mas. Saya koq dari tadi mau telpon ke nomor lain gak bisa, ya mas? [akhirnya saya bisa mengungkapkan masalah saya! setelah percakapan ga penting di atas!]
CSO : Bisa dijelaskan 'tidak bisa' nya itu bagaimana?
Kana: [sambil berpikir mas2 ini kenapa siy? ko masih minta penjelasan ajah?] Iyah, jadi... [bla-bla-bla-yadda-yadda,... saya ceritakan seperti yang tadi sudah saya tulis di atas sebelum percakapan ini]
CSO : Baik, Ibu (?!!!) Kana. Anda tidak bisa melakukan panggilan ke nomor lain di jaringan Indosat saja atau juga ke operator lain?
Kana: Operator lain juga. [secara si Gentong itu ga pake provider Indosat]
CSO : Baik, Ibu (?!!!!) Kana. Ibu (?!!!!!) melakukan panggilan dengan awalan (+62) atau nol (0)?
Kana: (+62). [Rata2 saya nyimpen nomor setelah orang itu nelpon saya. jadi awalannya selalu (+62)]
CSO : Baik, Ibu (?!!!!!!) Kana. Apakah anda sudah coba mengganti (+62) dengan nol (0)?
Kana: Err... belum. Emang ngaruh, ya, mas? [dengan ekspresi suara tolol]
CSO : Sepertinya begitu, Ibu (?!!!!!!!). Mungkin bisa dicoba dengan cara tersebut terlebih dahulu. Dan jika tidak berhasil Ibu (?!!!!!!!!) bisa menghubungi kami kembali.
Kana: Oh, oke, deh, kalo gituh. Makasih.
-----END OF THE CONVERSATION-----

Selanjutnya saya coba ikuti saran mas CSO itu. Guess what?! It works! Do'oh!!! Koq bisa, yah?? Ngaruh, yah, awalan (+62) dengan awalan nol (0) dengan nasib terhubung atau tidaknya sebuah panggilan telepon???

p.s.
saya sedang kesal dengan seseorang. dy berusaha menjatuhkan kredibilitas saya di depan forum waktu meeting redaksi tadi. tapi sayang. dy ga cukup pintar untuk melakukannya. karena saya memang benar. pesan saya: dengarkan perkataan rekan kerja anda saat merundingkan suatu tugas! dengarkan dengan sebaik baiknya. sehingga anda tidak salah langkah!! *karena dy tidak mendengarkan saya dengan baik. maka dy menjatuhkan kredibilitasnya sendiri! hohoho....*

p.s. (lagi)
"dy" bukan hell-bitch itu, siy... xP

29 comments:

Anonymous said...

hah?
beda yah?
tapi thx god saya blm pernah bermasalah tuh ama +62 ato 0

Anonymous said...

alah... baru tau juga kalo +62 ama 0 bisa bermasalah... padahal rata2 nomer temen saya juga pake +62...

biasa... minta di misscall biar gak salah catet :D

Anonymous said...

Baru tau klo nomor yang pake +62 itu beda ama yang langsung pake 0, setau saya seh, +62 disarankan agar kita gak susah bila hendak menghubungi contact kita bila kita sedang berada di luar negeri, itu aja. Atau mungkin Kana nelponnya pas jaringan indosat sedang bermasalah 'kali dan si operator sama oon nya sama Oneng di Bajaj Bajuri itu dan gak tau permasalahan cuma karena dia operator yang harus jawab semua keluhan, dia jawab aja sekenanya. Belakangan ini emang jaringan indosat sedikit mengalami masalah.

Unknown said...

@suep: ga ngerti.. keknyah siy gituh..
@aldie: wekeke.. sama cuy!
@whitegun: emberrr... pengen genti nomer tapi sayang... T_T

Angie said...

mba kana,
wegegege.. dipanggil ibu rasanya aneh banget ya..gwa dah bisa bayangin deh,bilang ibunya dengan suaranya yg rendah dan memelas. huehuehuehue.. makasi yah buat advicenya, gua seneng banget lho.makasi skale lagi yaahhh

Anonymous said...

itu masalah operator kamu aja na,... sepertinya disini mo pake +62xxx sama 081xxx sama aja...

Unknown said...

@angie: ah.. no problemo lah say! its nice if it can help you x)
@mata: ga taw deh ta. it still a mistery for me *halah*

Anonymous said...

bukan salah Kana yang nelpon,
salah operator-nya yang gak nyambung.....he...he....*masa operator gak kenal kode internasional untuk Indonesia seh?*

Yusuf Alam Romadhon said...

6 + 2 = 8
8 x 0 = 0
jadi 62 = 0
he he he he
salam kenal ya

Unknown said...

@mashuri: entah siapa yang dodol, dok xP
@yusuf alam romadhon: salam kenal juga x)

Anonymous said...

kayaknya seh operatornya yg trouble..soalnya mestinya g ada hubungannya deehh...hehehe

Unknown said...

@zerlin: iyah kayanyah sih gituh...

escoret said...

hapemu yg kacau..!!!!
atau hmm....!!!!

*mau bilang yg punya kacau..tp ga TEGA..!!!

Anonymous said...

Ummmgh gak ngerti, aku baru tau klo ada bedanya...

Unknown said...

@escoret: teganya dikau ada keponakanmu yang manis iniyy... T_T
@sheilla: sama dunkz... xP

Anonymous said...

gak ada masalah..indosat lagi trouble kali na

Agus Yudiana said...

wah unix juga nih kasus, kayaknya aku setuju ama mata, itu mungkin kesalahan operator aja, dan kebetulan mbak ntlpnya pas lagi down. +62 itu kan cuma kode negara, kasus yang mungkin itu paling kita saat kita membuka sambungan international trus kita gak pake +62 atau no kode negara tujuan. kalo lokal sama aja mau 0 atau +62.
dan setauku sebagai orang IT di operator :D semua no 0 pasti masuk ke sistem akan di normalisasi jadi +62, heheh cuma sedikit info dari orang operator :D pengalaman di

*jongkok tangan dilipan di kepala minta ampunnn hehehehhe*

Anonymous said...

ooo...jadi gmn? akhirnya bisa dihubungi kan, nomer telpon teman ibu (?!!!!) kana yg tadi? kekeke...

kanaaaa, si yoyok marah2 gara2 komenku di blog dewiamel tuuuhhh.. :))

Anonymous said...

komenmu ada kok, gak di delete :D

biarin aja dia marah. simbok juga lagi marah sama dia ;))

Anonymous said...

wiw...
beda toh...
baru tau...
tp kliatanya dulu² aq bisa tuh..
eh bener ga sih yah..
hmm

Unknown said...

@mei: huhuhu.. ga ngerti deh mba'e...
@co-that: hehehe... itu kan operator call centernya yang ngomong.. Na siy ho'oh ajah... coz it works tapi sekarang dah normal koq xP
@venus: biarin ajah mbok... pangeran bertopeng lagi apes pes.. hari ini xP
@sky: meneketehe... tapi sekarang dah normal koq ;)

Anonymous said...

handphonenya kale yang kelewat keren, karena kebanyakan aplikasi ekstra seperti camera, radio, mp3, sampe bisa luluran online :P
kwkwkwkw makanya belo handphone yang bisa buat sms ama telp dong kwkwkw :P

Unknown said...

@aryapunx: yabeeeezzzz.... gw 'kan pake henpon paling canggih di dunia! haqhaqhaqhaq... *sombong mode=on*

Anonymous said...

I was wondering if you ever thought of changing the layout of
your blog? Its very well written; I love what youve got to
say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with
it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two pictures.
Maybe you could space it out better?

Also visit my website; buying a car with bad credit
Also visit my blog post - buying a car with bad credit,buy a car with bad credit,how to buy a car with bad credit,buying a car,buy a car,how to buy a car

Anonymous said...

The U S Maгіnes coulԁn't have done a better job. Bad Credit Used Car Loan Days is held on the 19th of June. We had already learned about insects back in kindergarten so we reviewed insects and did a sort in our science journals.

Feel free to surf to my web page - iuimi.com

Anonymous said...

Alas, auto loan аnԁ bаd creԁit cаnt be held rеsponsible fοr injury, damаge, or loss of ԁata.
Rесords are meant to give depth and complete the package.

With all these amazing high technolоgies that auto loan and
bad crеdit offeгs the market, as my firm,
Ramp Rate, mediatеs ԁealsin thіs
space. Thеre are many high quаlity Spаnish
courses online that took lеarning to a new level.

Viѕit my ωebpage - chondroblast

Antivirus Guide said...


Antivirus Guide is a world in which you can know the details of any antivirus like McAfee, Norton & AVG etc.. on the spot in an instant or anywhere from any browser.

Routerlogin Net said...

Superb blog. Thanks for sharing.
Routerlogin
Routerlogin Net

Routerlogin said...

nice blog..We provide tech support and proper information related to routerlogin.net issues.