Friday, June 8, 2007

Filariasis

Dikenal sebagai penyakit Kaki Gajah. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi cacing mikrofilaria yang disebarkan oleh nyamuk anopheles, culex, mansonia, aedes, dan anmigeres. Proses penyebarannya yang sangat cepat dan lamanya proses penyembuhan, membuat penyakit ini tergolong cukup berbahaya.

Hampir setiap jenis nyamuk bisa membantu penyebaran penyakit Kaki Gajah ini. Tanpa mengenal batasan umur dan strata sosial, penyakit ini akan berkembang di dalam tubuh manusia yang telah terinfeksi. Meski tidak bersifat mematikan, namun penyakit ini merupakan penyakit menahun. Setelah ratusan bahkan ribuan kali terinfeksi, cacing filaria yang berkembang di dalam pembuluh lymph akan mengakibatkan pembengkakan seperti pada tubuh gajah. Dan jika tidak terobati akan menimbulkan cacat yang menetap berupa pembengkakan pada bagian tubuh seperti tangan, kaki dan alat kelamin laki-laki dan perempuan.

Gejala penyakit kaki gajah (filariasis) yang biasanya muncul adalah demam berulang-ulang selama 3-5 hari. Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening tanpa luka di daerah lipatan paha, ketiak, dan tampak kemerahan. Kelenjar getah bening dapat pecah dan mengeluatkan nanah serta darah. Sasaran penyakit ini juga dapat terjadi pada pembebasaran tungkai, lengan, buah dada, kantong buah zakar.

Deteksi penyakit ini harus dilakukan di laboratorium melalui pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah dilakukan pada malah hari sebab sifat filaris pergerakan dalam tubuh hanya pada malam hari. Seseorang dinyatakan menderita kaki gajah jika dalam darah ditemukan mikrofilaria.

Pencegahan adalah menghindarkan diri dari gigitan nyamuk. Sewaktu tidur menggunakan kelambu, menutup ventilasi rumah dengan kasa nyamuk, menggunakan obat nyamuk semprot atau obat nyamuk bakar, mengoles kulit dengan obat anti nyamuk, atau dengan cara memberantas nyamuk.

Membersihkan tanaman air pada rawa-rawa yang merupakan tempat berkembangbiaknya nyamuk, menimbun, mengeringkan atau mengalirkan genangan air sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk, membersihkan semak-semak di sekitar rumah juga sebagai upaya tindakan preventif atau pencegahan.

Vaksin untuk mencegah penyakit kaki gajah masih belum ada. Satu-satunya cara pencegahan adalah agar manusia tidak digigit nyamuk. Mengingat hampir semua jenis nyamuk bisa menularkan mikrofilaria dan tersebar luas di berbagai tempat maka yang harus dilakukan adalah menerapkan prinsip kebersihan lingkungan.

Penderita kaki gajah dapat mengobati penyakit ini dengan cara membunuh cacing dewasa dan anak cacing. Obat untuk membunuh cacing filaria sudah diketahui yakni Diethyl Carbamazine Citrate (DEC). Obat ini sangat ampuh membunuh filaria, namun memberikan efek samping berupa demam, sakit kepala, sakit otot, atau pusing dan mual.

Artikel disadur dari sini.
Gambar diambil dari sini.
-------------------------------
Dan hari ini saya akan ijin pulang lebih cepat setelah berita sms dari Ibu yang mengatakan akan ada penyuntikan vaksin pencegah Filariasis di daerah rumah saya. Kabarnya, Filariasis saat ini tengah mewabah di wilayah Banten dan Jawa Barat *Bogor ada di Jawa Barat 'kan?*.

17 comments:

Juminten said...

Bentar ya, Na'! Gw cek peta dolo... *bener ga yah, Bogor itu di Jawa Barat?* [makanya Na', kalo guru Geografi lg ngejelasin, disimak, dunkz! Jangan molor! Hqhqhq... X) PEACE... PEACE... ;P

Btw, serem amet dah tuh kaki!
Mudah2an gw ga kena penyakit2 spt itu.
Kalo sampe kena, malakin Juragan lg deh minta biaya operasinya! Hahaha... ;D

*lari yg kenceng ah, sebelum ditimpukin Juragan pake sendal jepit!*

Eh, gw baru nyadar kalo gw yg comment pertama kali di sini...
PERTAMAX!!! Hehehe... ;P

Anonymous said...

serem amat na postingan hari ini... hiii/.... masih merinding tauuu !!!

tapi makasih infonya na, brmanfaat banget. lebih hati hati deh sekarang...

-missPATHETIC- said...

huaaaa..serem bgttt!!
ternyata kek bgini yaaa..

harus BEWARE bgt brarti skrg.. =)
makasi ya infonya.. x)

btw ga ada shoutbox lg ya,kan??

Eriek said...

walaaahh....ngeri amat yak! membayangkan gajah aja gede banget.
hehe...

Tiyo Kamtiyono said...

Halah.. pertamaxnya nyampe' juga disini. Ngeri juga tuh, serem tapi infonya bagus juga sih. Bisa jadi alasan untuk pobia sama nyamuk nih. Eh enggak dink.

Anonymous said...

wiiww kalo gajah kena ini gimana yah???

Anonymous said...

Dilihat dari fotonya saja sdh serem, gimana kalo kita melihat sendiri yaaa???

Anonymous said...

ehh... saya mempelajari tentang macem2 cacing di sekolah.. =))

yang menyebabkan kaki gajah, kalo ga salah cacing Wuchereria Bancrofti..

*sotoy*

ahuahuahauhaua...

Anonymous said...

Apa daerah Anda termasuk endemis Filariasis ya?

Filariasis memang penyakit yang disebabkan oleh cacing. Banyak cacing yang dapat menyebabkan penyakit ini salah satunya yang paling sering seperti yang disebut oleh teman di atas, Wuchrereria bancrofti.

Penyakit ini melewati beberapa stadium. Di daerah endemis bahkan kadang tidak menunjukan gejala tapi sebenarnya cacing tersebut sudah ada di dalam darah.

Gambar yang ditampilkan pada posting ini merupakan stadium kronis, yang untuk mencapainya perlu waktu beberapa tahun. Umur cacing dewasa bisa mencapai 17 tahun lho....Sehingga pencegahan penting, seperti yang disebutkan di atas...

Unknown said...

@-nilla-: yabiezz,,geografi 'kan kadang suka mbosenin,, xP saenak'e malak2 juragan! emangnya juragan ini pabrik duit apa? xD

@mata: heheh,,,Na juga merinding ta waktu pertama baca,,yah, mudah2an bisa jadi bahan renungan buat lebih berhati2 sama nyamuk xP

@-misspathetic-: ada jeung,, di refresh ajah,,

@eriek: heheheh,,,untungnya ni penyakit ga mempan buat gajah xP

@anas: yah pobia ma nyamuk mah dah dari doloo kalee,,kalo gak gak bakal pasang obat anti-nyamuk toh?

@sky: ya,,makin bengkak! xP

@iko: huuh mba! syereemmm,,,mudah2an kita ga ada yg kena penyakit ini ya mba,,

@nia: pasti biologi,,,xP

@mashuri: thx dok buat tambahan infonya x)

Juminten said...

Juragannnnn...
Wat hepen wit SB nya?
Kok ga muncul2? :( Huhuhu...
Btw, iya neh... Jumi nyambi di tempat Mbak Deenda jg! ;P
Buat nambah2in gaji dr Juragan...
Habis, gaji Jumi di sini ga naik2, sih! Hqhqhq... X)
Cieee... yg udh ngelink! ;P
Santey aja atuh, Juragan... ;D
But, tengkyu somat, yah! ;)

Unknown said...

@-nilla-: di refresh atuh neng,,, ctrl + f5 gituh,,, xP

Angie said...

eh bu, ini beneran kagak sama ama varisesan? kaki gua varisesan nih. serem banget deeeeY : ( : ( : ( : (

Unknown said...

@angie:
ini beda ama varises. kalo varises itu um.. apa yah? pokonya disebabkan kaki terlalu banyak menerima beban. kek misal kebanyakan pake high heels gitu. nah, kali filariasis, itu emang ada virusnya. disebarkan ama nyamuk lewat gigitannya. langsung ke dalam darah. udah gitu, buat bengkaknya dibutuhkan waktu bertahun2 dan 'suntikan' virus dari nyamuk yang berkali2. gitu...

The Dodo said...

oh my god freaky amat penyakitnya tok3

Unknown said...

@denica: yes indeed...

Internet Betting Poker said...

The authoritative answer