Tuesday, June 5, 2007

Seserahan

+ : Puyeng gue!
- : Kenapa?
+ : Taun ini gue sama pacar gue punya rencana buat nikah.
- : Oya? Bagus, dunkz! Lo pacaran udah lama 'kan?
+ : Iya, sih.
- : Nah, terus apa masalahnya?
+ : Masalahnya adalah, Adek gue sama pacarnya juga punya rencana buat nikah taun ini.
- : What?? Eh, Bo! Katanya pamali loh kalo satu keluarga nikahin dua orang anaknya di taun yang sama.
+ : Yeah, I know that. Itu juga bikin gue tambah puyeng. Tapi untungnya pacar gue mau ngerti. Dia cuma minta dilamar aja dulu sebagai penanda. Nikah bisa diatur taun depan.
- : Lah! Kan elu kakaknya! Ko jadi adek lu yang duluan siy?
+ : Well, dia pacarannya udah lama juga. Jauh lebih lama daripada gue dan pacar gue.
- : But it doesn't make you loose your right to get married before him.
+ : Ah, udahlah. Yang itu gw taro di belakang dulu.
- : So, the problem that makes you depressed right now is?
+ : Orang tua pacarnya adek gue minta duit seserahannya gak pake mikir!
- : Means?
+ : They ask for a sum of Rp. .... *angka di atas 100juta*
- : Udah termasuk Mas Kawin?
+ : Nope. Its only for the wedding party costs. The dowry is another case.
- : WTF???
---------------------------------------------------
Sepenggal percakapan di atas nyata terjadi. Seorang teman saya tengah depresi karena masalah tersebut. Entah apa solusinya nanti. Yang jelas, 100juta bukanlah uang yang sedikit. Dan jika digunakan sebagai biaya pengembangan keahlian bagi kaum papa, mungkin bisa mengurangi jumlah penduduk miskin di Indonesia.

P.S.
for you there... yes, you! be patient. Allah will lead you to his way. Amien.

29 comments:

Quadrangle said...

Wah itu mah matre kali ya...

Di mana2 emang keluarga perempuan yang keluar uang banyak, tapi ya uang sendiri. Kalopun pihak laki mo kasih ya bagus tp gak kali dipatokin bgt.

Ck!

Sebel deh dengernya...eh, mbacanya ding.

Beni Suryadi said...

jerejeng jerejeng..hooo
jerejeng jerenjeng...hooo

=D

Unknown said...

@quadrangle: sabar bu... apa kabar bukunya? xP
@beni suryadi: maksud loh???

Anonymous said...

kalo di budaya gw, dimintain duit seserahan segitu biasanya berarti penolakan secara halus.
tapi kalo kasus kek postingan ini yg ortunya udah saling kenal karena anaknya udah pacaran lama sih...beda lagi...keknya sih...matre! mending buat modal apa kek!

penakayu said...

wah mending cari yang lain. 100 juta mah bisa buat 4 istri sekaligus :-p

LAPAK NADHILA said...

100 juta yaa..wah, kasih saya aja tuhh..buat modal ngeblog nanti

Unknown said...

@yati: yah, keknyah siy gituh.. matre abiezz...
@yon's revolta: hueee... poligami??
@sibolang: 100juta buat ngeblog?? beli laetop sama bayar koneksi inet ya mas? xP

Anonymous said...

walah... skalian ngawinin skalian cari untung tuh...

Anonymous said...

wekssss 100 juta dibagi2 ajah bwt korban lapindo

escoret said...

edun.....100jt...mahal amit..!!!!
ck..ck..ck....

Unknown said...

@sueb: only God knows why...
@crushdew: seandainya saja itu tujuan mereka...
@escoret: ya.. gitu deh...

Mashuri said...

Wah...kayaknya berbeda dengan kebiasaan di tempat saya, Mba.

Di tempat saya "seserahan" bukan sesuatu yang wajib hanya penyerta dari sebuah acara pernikahan.

Sedangkan yang wajib adalah "mahar" atau "mas kawin" yang diucapkan saat akad nikah.

Menurut istilah mahar ialah suatu pemberian yang wajib diberikan oleh
suami kepada isteri dengan sebab pernikahan.Mahar tidak ada batasan nominalnya.

Kalo seserahan di atas 100 juta, apakah nilai ini juga akan disebutkan pada saat pengucapan akad nikah nantinya?

Misal:

......saya terima menikahi fulanah binti fulan dengan mahar 100 juta rupiah tunai........

Eriek said...

setahuku kalau di Lampung, kalau seorang gadis asli Lampung akan dinikahkan dengan seseorang, ada maharnya juga. Kurang tahu persis berapa jumlah nominal uangnya. kayaknya sih, mahal banget.

belum lagi saat upacara pernikahan. weleh....saya pernah lihat dan itu mewah banget. pakai adat yang macam2. Begawi namanya. gitu deh. hehe...

Anonymous said...

yah beginilah dunia saat ikut campur terlalu jauh dengan urusan orang laen. yang nikah ini orang tua atau anaknya sih?
kalo hanya uang yang dijadikan tolok ukur untuk nikah ya susah, orang miskin seperti saya hanya bisa kumpul kebo doang donk??? huehehehe...
orang tua, udah tua tetep aja gak dewasa dewasa... come on old man, your sons & daughters have their own rights to choose their way of life. *pesen buat ortu2 kolot*

Anonymous said...

Bujugh.....Bujugh.....Bujugh.....
100 jeti !!!

pyuriko said...

100 juta.... mataku langsung hijau melihat uang sebanyak itu :D

Unknown said...

@mashuri: sebetulnya dimanapun yg namanya "seserahan" itu ga wajib dlm pernikahan. yg paling penting emang mahar, dok. tapi sudah menjadi kebiasaan kan bagi masyarakat kita jika ada satu pasangan yang hendak menikah, maka pihak laki2 memberikan sejumlah uang untuk gelaran resepsi pernikahan tersebut. dan sebetulnya, seharusnya tidak ada paksaan atau patokan jumlah uang untuk "seserahan" itu. kalo untuk kasus ini... sebetulnya memang ada alasan khusus yang menurut saya si amat sangat tidak masuk akal dalam menentukan berapa jumlah uang yg diminta utk seserahan itu. dan saya memang tidak menyebutkan alasan itu. ga etis dunkz! its a private blog of me. and its not an infotainment blog. kalo alasannya disebutkan, bisa2 berubah blog kana jadi blog infotainment! xP

Unknown said...

@eriek:
kalo daerah sumatera sana memang gitu riek! i've heard it from one of my friend. dan yang namanya pesta pernikahan itu minimal 3hari 3 malam! makanya diminta duitnya juga banyak! xP *maap buat yg orang sumatera, ini cuma sepengetahuan saya aja.. kalo salah mohon dimaapkan dan dibetulkan ya... xP*

@rama:
yupz! setuju gw ma lo ram! tumben otak lo bisa dipake mikir yg bener xP

@rudi:
hooh! 100jeti! xD

@pyuriko:
heuhehehe... padahal duit lembaran 100ribuan ato 50ribuan kan warnanya merah sama biru yak? tapi ko matanya iko jadi ijo?? o_O

Anonymous said...

penasaran...worth it gak tuh si anak untuk uang segitu!!gilingan, kalau aku yang jadi calon lakinya..udah tak tinggal tuh anak perempuannya..edun, bisa buat beli rumah ma modal lo uang segitu...

Unknown said...

@mei: heuehehe... hooh! aku juga mikirnya gitu waktu pertama denger!! xP

Anonymous said...

makanya, nanti kalo saya kawin
saya mau bikin private party biar gak mahal

yaah..paling hibrannya tari striptease

cewek bugil keluar dari kue pengantin

uhuy !

Unknown said...

@cipoet: bukannya sama mahalnya??? o_O

Juminten said...

Kapan meritnya tuh, kalo kudu ngumpulin duit sebanyak itu dulu? :( Orang tuanya si cewe emang dulu gitu jg, yah? Kalo ga, kok tega2nya sih spt itu ama anaknya? Ck ck ck...

Hmmm... ntar gw gimana, yak? :| Malak juragan aja, ah kalo disuruh bayar segitu buat nikah! Hakhakhak... ;D

Anonymous said...

omigot..
nanti kalo saya nikah, calon istri minta seserahan brp tilyun yah??


heh sky, lu ituh masi 17 taun, nikah masih lama dodol...

....

Tiyo Kamtiyono said...

100 jt walah klo aku yang jadi lakinya aku suruh mereka nunggu sampe' aku dapet. Belum sampe' dapet 00 jt paling ortunya udah pada mati. Klo mau n' tuh cewe bener-bener cinta pasti mau. Ato solusi kedua, klasik nih, kawin lari aja.

Unknown said...

@-nilla-: err, elu cewe kan juminten? cewe mah ga bayar kaleee... paling nambahin doank kalo dari cowonya masih kurang! xP
@sky: jodo itu di tangan Tuhan... ingan mcaulay culckin yg nikah di usia 17 taun? x)
@anas: wehehe... cape mas.. lari2an.. xP

Juminten said...

@ Kana : Kanaaaa... gw orang Padang! Hehehe... di tempat gw udh biasa cewe yg 'bayar' cowo kalo mau merit! ;D Tp ga semuanya jg, sih... ;) Lagian, hare gene kan bisa 'patungan' bayarannya. Dr pd ga nikah2? ;P Hehehe...

Unknown said...

@-nilla-: heuhehehe.... well, kalo Padang siy, no wonder,,, xP

Anonymous said...

camer matree ke laut ajahh hahhaha