Monday, June 4, 2007

Saya = Artis?

Menanggapi sebuah komentar yang ada di postingan saya yang sebelumnya, saya jadi ingin mendefinisikan sesuatu.

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan WJS. Poerwadarminta,
Artis : seniman, seniwati; -film. pemain gambar hidup

Sedangkan menurut Webster Online Dictionary,
Artist : A person whose creative work shows sensitivity and imagination

Jadi, apakah saya termasuk kategori 'artis' yang disebutkan oleh seseorang itu?
Maaf, bukan sok idealis. Tapi saya koq agak berat yah kalau dijuluki 'artis'? Secara saya tidak merasa sudah memberikan kontribusi yang patut dipertimbangkan di dunia seni.

Mungkin yang dimaksud olehnya adalah 'artis blogger' a.k.a 'seleblogger' yang beberapa waktu lalu sempat ramai diperbincangkan. Waduh... sejak kapan, ya, ada istilah seperti ini? Menurut saya, mereka yang kira kira bisa disebut 'seleblogger' adalah mereka yang memang sudah cukup dikenal masa. Misalnya, Raditya Dika dengan blog Kambing Jantannya. Atau Teh Miund dengan rumah barunya. Atau Mbak Jennie S. Bev dengan blog multi lingualnya yang sudah menghasilkan banyak buku dan e-book.

Kenapa saya bilang mereka bisa disebut seleblogger? Karena mereka masing2 telah meluncurkan buku yang berisi catatan jurnal yang berasal dari blog pribadi mereka. Nah, dengan adanya buku yang diluncurkan itu, tentunya mereka telah menyumbangkan sesuatu a.k.a berkontribusi terhadap dunia seni sastra *yang dengan ngasalnya saya definisikan sebagai seni tulis menulis* Jadi, mereka bisa, dunkz, kita sebut 'artis blogger'?

Sedangkan saya, belum pernah menerbitkan buku apapun yang berasal dari blog saya. Atau mempublikasikan tulisan tulisan di blog saya agar bisa dinikmati pula oleh khalayak ramai yang tidak atau belum memiliki akses pada internet. Jadi, kalo saya disebut 'artis' masih belumlah pantas. Bahkan kalo dilihat dari traffic kunjungan ke blog saya pun, rasanya masih jauh dari sebutan 'artis'. Pagerank saya pun ga pernah naik dari angka 3. Yang ada malah turun sampe ke angka NOL! T_T

Oya, sesuai dengan pengumuman yang saya buat di sidebar. Kalau ada yang berkenan saya masukkan link blog atau web-nya ke dalam Buddy List saya, silahkan kirimkan email ke kanahaya@gmail.com atau PM saya di kanahaya21@yahoo.com. Insya Allah, tidak memerlukan waktu yang lama kamu sudah bisa menemukan link blog atau web kamu di sana. Bukan berniat sombong dengan memasang pengumuman seperti itu. Saya ini orangnya cukup teledor. Jadi kalo gak diingatkan, seringkali lupa. Jadi untuk mengingatkan saya, silahkan kirim email atau PM ke saya, ya! x)

update:
dont take this post seriously, please. saya lagi stress dan ga tau mo nulis apa buat update. jadinya ngarang2 ga jelas kek gini xP~

17 comments:

Cempluk Story said...

mbak kana marah y ?? sabar mbak..sabar..tenangkan pikiran...

Nieke,, said...

iya Nih..
namaku juga belom masuk jajaran blogroll.. hiks T.T

gpp lagi mbak Kana..
yg penting ada di jajaran temen hati khan..

ceileeee xD

Unknown said...

Thanks for mentioning my name. ;)

Jennie S. Bev

Anonymous said...

bener itu na,...
hahaha..

tapi ngomong ngomong kalau dipikir pikir bagi pembaca FK setia. jika nama kak b**** ada. juga artis lho. karena banyak adek adek yang suka :p

Unknown said...

@cempluk: engga, ga marah.. cuma merasa aneh aja xP
@nieke,,: hehe.. langsung masuk deh! xP
@jennie: ur welcome x)
@mata: hehehe.. survey dari mana anak2 lebih suka kak b**** ketimbang kak a**

Anonymous said...

tanda tangannya dunk... XP

Anonymous said...

akhirrrrnnyyaaa... hehehe

congrate deh bu, jangan lupa traktirannya ya? wekekekek

Beni Suryadi said...

wah situ agency ya?
eh aku mau dunk jadi artis..mo masuk tipi gitu...
heheheh

Unknown said...

@sky: boleh xP
@mnx: heks! ini yang lu bilang komen panjang? xD
@beni suryadi: gw reporter! bukan pegawai agency!

Beni Suryadi said...

ooo..kirain situ artis
=p

Unknown said...

@benx: makanya baca postingan secara keseluruhan dan pahami makna kata per kata xP

Mashuri said...

Tapi saya menemukan definisi yang lain di di sini

The artist who strives to constantly do this will grow and make way for greater inspiration to others!.

Dari sini mungkin tidak salah kalau seseorang itu menyebut mba Kana Haya termasuk katagori.......

Anonymous said...

artis di blog mean seleb blog???wahh cograts ya Na...hebat euy..hihi

Unknown said...

@mashuri: umm... maksudnya yang silent artist ya dok? xP

Unknown said...

@mei: engga!!! na mah reporter bukan artisss!!! ~X(

aLe said...

lhoh lhoh...
lama gak mampir tenyata lg mBahas koment aLe kmrn yah..
wah sory banget deh Na. aLe sebut Na artis hanya sebagai penghargaan aja kok, dan itu dr aLe pribadi gak ada maksud aneh2. eh.. tenyata di tanggepin beda. klo emang aLe salah aLe minta maap banget. Suer aLe gak ada maksud apa2 selain pengen bngt msk blogroll Na utk nambah temen.
btw, makasih uda di masukin blogroll-nya artis eh reporter ding :D
^_^v piss

Unknown said...

@aLe: wekeke... gak juga siy,, its just, Na lagi sensitif aja ma yg namanya artis blogger,, ga penting aja gituh,,, *menurutku ya,,,* i'm not mad at you koq! x)