Thursday, June 21, 2007

Pesan Berantai

AL QAYUM AL MAJID AL WAJID AL WAHIDAL AHAD AL SHAMAD AL QADIR
SEBARKAN 7 ASMA ALLAH INI PADA 7 ORANG
INSYA ALLAH KEINGINANMU AKAN TERCAPAI (JGN DI REMEHKAN)

Pernah terima pesan seperti di atas?

Tadi malam adalah yang kedua kalinya saya menerima pesan berantai macam itu. Dan untuk yang kesekian kalinya, saya tidak mem-forward pesan berantai!

Pesan berantai, menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia yang disusun oleh WJS. Soejadarminta, adalah
pesan yang dikirimkan kepada seseorang, dan si penerima harus menyalin dan mengirimkannya kembali kepada yang lainnya.

Entah sejak kapan kebiasaan iseng mengirimkan pesan berantai ini bermula. Dan saya juga heran, apa keuntungannya, ya, menyebarkan pesan seperti ini?

Dulu, waktu saya SD, saya pernah melakukan pesan berantai ini. Waktu itu, saya menerima sebuah pesan yang tertulis dalam secarik kertas. Dalam surat itu, saya diminta untuk menyalinnya dan memberikan atau mengirimkannya kepada 5 orang yang saya kenal. Yah, namanya juga anak SD! Ho-oh aja deh! Saya salin, dan saya berikan pada lima orang yang saya kenal. Bukan apa2, di surat itu juga tertulis, kalau saya tidak meneruskannya maka saya akan mengalami kesialan selama sekian tahun dan sulit dapet jodoh! Oalah, ya namanya anak-anak... impian jadi pengantin ga boleh pudar dunkz! Heuhuehehehe....

Nah, untuk meneruskan surat itu tentu saya harus mengeluarkan modal, dunkz! Modal kertas dan tinta ballpoint. Bayangkan kalau setiap orang yang menerima surat itu melakukan hal yang sama seperti saya. Entah sudah berapa lembar kertas terbuang sia2 hanya untuk memenuhi nafsu iseng si pembuat pesan berantai. Dan itu berarti, sudah banyak pohon yang ditebang secara paksa untuk memenuhi nafsu iseng tersebut!

Pesan berantai gak cuma muncul lewat kertas saja. Ada juga yang muncul lewat kartu pos, E-mail, bahkan SMS di ponsel! Saya heran, kenapa masih saja ada orang yang mau meneruskan pesan tersebut. Padahal sudah amat sangat jelas bahwa kemungkinan isi pesan bisa menjadi kenyataan hanya 0,00000000000001%!! *ya, itu hitungan acak saya*

oya, posting ini tidak perlu disalin dan ditampilkan di blog masing-masing ya! *hahah! GeeR si Kana!*

23 comments:

-ndutyke said...

aku juga sering dapet SMS or email kyk gini. yg secara lgsg ga lgsg mengancam aku: kalo aku ga menyebarkannya maka akan ada hal buruk terjadi padaku.

oh puhleeezzz...

ga masuk di akal, ga nyantol di iman.

nb: bo', aku mau nulis yg serupa ama tulisanmu ini...ntar aku kutip tulisanmu ya. tentunya menyantumkan namamu dunks :p

Anonymous said...

kalo yg redaksi kalimatnya persis spt itu sih belum pernah. tapi kalo yg mirip dengan itu udah sering banget. umumnya sih lewat email. kalo dulu pas di smu seringnya sih lewat kertas juga yg minta di foto copy terus disebarin ke bbrp orang. sempat mikir jgn2 ini ulah tukang foto copy depan sekolah biar foto copy-nya laris *maaf udah su'udzhon* :)

syukurnya -spt Mbak Kana- aku gak pernah tergoda utk memforwardnya, apalagi percaya sama isinya. gak banget!! :D

Anonymous said...

belum pernah na mata mendapatkan pesen kek gitu
palingan pesen pak harto ultah atau pesen "mata dah update belum.." hahaha ****geer***

Unknown said...

@ndutyke: monggo.. asal ada namanya boleh aja xP
@w@hyu: heuhuehehehe... tapi kecurigaan mengarah ke tkg ftkopi kan? xP
@mata: pesen yang terakhir itu mah ga berantai kali ta!!! xD

Anonymous said...

wuah klo dpt pesan berantai, ntah knapa otomatis langsung ngedeletnya

deen said...

iya yah, sms kok g kreatip amat sih, pake acara ngancem2 pula..

Anonymous said...

esan berantai itu pesan di iket rantai yah..
*halah garing kriuk pisan yeuh..*

Unknown said...

@gita: biasanya Na juga gituh.. tapi demi kepentingan posting, Na simpen sampe dimuat xP
@deen: mberrr!!!
@pitik: *makan kerupuk*

Tiyo Kamtiyono said...

kalo boleh bilang mereka mungkin adalah orang paling kurang kerjaan dan paling bodoh.

Cempluk Story said...

pernah sih dapet.kemarin pas ultah pak soeharto, ada sms ke hp ku n suruh ngirim ke 10 orang maka pulsa anda bertambahn secara otomatis..sms berantai mirip spam..hehehe

Unknown said...

iiy tuh...aku jg pernah dapet sms asma Allah kaya gtu..tp itu uwda lama...pas waktu smp, wkt itu aku mlh iseng ta forward tu sms (cuz, cpa tw bner, walopun impossible..)lagian wkt itu sms lagi gratisan..hehe...tp skarang..ga bakalan deh percaya ma yg kaya gtu... x)

Anonymous said...

kalo isi pesannya berupa undangan perkawinan saya akan dengan sukarela mem-forwardnya...he...he...

Nieke,, said...

wah, tak kirain itu message spam tho..
heuheuheu xD

Anonymous said...

kalo gua pikir seh, dont judge the book from its cover.

maksudnya seh, kalo emang isinya menurut lo emang bagus, kenapa harus dipermasalahkan?


kalo cara menyebarkannya tidak bagus, kenapa tidak diperbaiki saja menjadi yang menurut kana bagus. Kan sebuah pesan yang isinya memang benar memang patut untuk disebarluaskan.

so, mungkin caranya yang salah, tapi jangan lantas mempersalahkan isinya juga.

*mode: WISE ON*

Unknown said...

@anas: kurang kerjaan mungkin, tapi bodoh? yang memforward mungkin.. ^^v
@cempluk: yang paling terkenal sekarang keknya emang yang itu... xP
@zhenn: heu3... yah, kalo smsnya gratisan siy, no problemo.. tapi kalo bayar, baru problemo.. kan mending dipake buat yg lebih penting... xP
@mashuri: wokeh! ntar kalo dah nentuin tanggal tolong forwardin sms Na yupz! xD
@Nona Nieke,,: sama aja siy sebenernya...
@standalone: yah, mungkin kalo isinya asma Allah kek gitu siy, ga rugi2 amat forwardnya.. tapi kalo isinya udah yang nyumpahin bakal dapet sial kan males! sama aja kita ngutukin orang lain toh?

Beni Suryadi said...

nieke emang bego..
sms kok dibilang satpam
=p

Anonymous said...

wahh... sumpah jengkel gw kalo dapet pesen berantai.. kadang belom sempet kebaca full dah tak delete deh..

Admin said...

spam and spam emang lagi merajarela serkarang , btw selama ga merugikan yah ga ada salahnya di ladenin asalkan free ... he he he ... cheerrrrss

Unknown said...

@benx: o_O err... jadi bingung.. yang bego siapa yah??
@bebek: sama aja... xP
@budhie: yah.. liat2 dulu siy spam yng macem apa...

.n.a.n.a. said...

iya tuh pernah
ada2 aja emang orang
btw, pakabar dirimu kana?
hihihi dah lama euy gak amen ksini.. kangen juga >:D<

dezz said...

yang ngirim lagi punya banyak pulsa Na.. jangan dianggap serius tuh pesan kyk gitu

have a beautiful day gal!

Fatah said...

Aku pernah baca di koran, katanya sih disinyalir SMS berantai itu bisa jadi permainannya operator seluler.

supaya pendapatan dari SMS bisa bertambah ! tapi itu kata koran loh :)

Unknown said...

@.n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g.: wedeww.... si calon penganten!!! xP
@dezz: engga, Na malah cuekin ajah.. xP
@fatah: weww.... beneran tuh? o_O