Tuesday, June 26, 2007

Spiteng, eh, Spitting

Bukan ini bukan tentang sepiteng tempat kita membuang sisa-sisa metabolisme tubuh. Ini tentang Spitting a.k.a meludah! Yepz, me-lu-dah! ! Yaiks!

Saya sering merasa kesal jika melihat oknum meludahkan air liurnya secara sembarangan. Entah itu membuang ludahnya ke jalan raya, atau bahkan dengan sangat joroknya meludah sembarangan di atas angkutan umum!!! Urgh!!! I hate it! @#$%^&*!!!

Oke, saya akui. Ada beberapa orang yang memang tanpa dapat dikendalikan tubuhnya memproduksi air liur secara gila-gilaan. Dan daripada dibilang an***g guguk karena mulutnya belepotan air liur, lebih baik kelebihan itu dibuang secara teratur sehingga tidak ada tetesan ludah di sekitar mulut. Tapi, yah, saya kok gak setuju dan gak nyaman melihatnya.

Yah, kalo kegiatan meludah itu dilakukan di kamar mandi, sih, its fine. Memang di sanalah seharusnya kita melakukan aktivitas demikian. Yang membuat saya gerah dan ingin rasanya memegangi kepala si peludah dan mengarahkan mukanya pada ludahannya *biar dia jilatin sekalian! Ok, that was grossy, I dont like it either* adalah karena banyak sekali oknum yang membuang ludah sembarangan.

Salah satu contohnya adalah tadi malam. Saat saya pulang ke rumah. Di dalam sebuah angkot ke arah Sukasari. Ada seorang kakek tua yang sepertinya sedang terserang batuk. Dan karena batuknya itu, dia berusaha meludahkan dahak yang menyangkut di tenggorokannya! Yaiks! It was sooooo grossy! Memang, sih, dia tidak meludahkannya ke lantai angkot. Tapi dia meludahkannya keluar. Ke jalan raya. Yang sangat memungkinkan ludahan dahak itu mengenai tubuh seseorang yang tengah berjalan di pinggrian jalan raya tersebut! JOROOOOOKKK!!!

Okay, itu karena penyakit. Tapi tidak berarti anda bisa menularkan penyakit anda begitu saja pada orang lain dong! Tidak adil itu namanya! Udara kotor saja sudah bisa menularkan penyakit. Gak usah ditambah ludah berisi virus seperti itu!

Saya juga jengah jika melihat seseorang meludahkan air liurnya ke lantai angkutan umum. Ini gak jarang saya temukan di *lagi-lagi* angkot dan kereta *ekonomi, pastinya*. Meski setelah meludah, oknum itu 'mengelap' ludahannya dengan alas kakinya. Tetap saja saya jengah melihatnya! JOROK!

Dan sayangnya, yang melakukan hal ini tidak hanya laki-laki. Perempuan pun banyak juga yang nekad melakukannya! Well, I must say that that is not polite and nice for a woman doing such thing.

Please, ludahnya disimpan sampe kamu nemu kamar mandi 'kan lebih baik. Selain itu juga lebih sehat bagi masyarakat di sekitar kita. Dan itu juga bisa jadi salah satu bukti bahwa kita peduli pada lingkungan.

*****Aku Ingin Ikut Ke Acara Spongebob Live Show di Tennis Indoor Senayan*****
*****Nangis*****

21 comments:

Anonymous said...

huekksssss...duh, kana ngomongin ludah :( ga jadi makan ah....

Eriek said...

saya sering berkendaraan dengan sepeda motor. hal yang paling menyebalkan itu ketika ada orang (mengendarai sepeda motor juga, red) yang meludah saat saya berada di belakang orang itu. untung saja tidak pernah kena. kalau air liurnya sampai kena saya, wah...saya hajar orang itu. Hehe...sadis banget yak? :-)

harusnya dibuatkan juga aturan meludah di tempat umum. sama halnya di jakarta ada tempat khusus untuk merokok kan?

za said...

hiyyy...mang nggilani. palagi klngludah dari dalem mobil yang lagi jalan....beuuuh!

Anonymous said...

jorok kali naa...
pls deh/./ kok ya ada yah manusia kek gitu. moga moga mata ngga kek gitu deh

Anonymous said...

Terus terang, gua kagak terlalu mempermasalahkan perilaku seperti itu.

Mungkin karena dulu gua sempet berada di posisi mereka yg mengharuskan untuk segera meludah. Jadi agak sedikit mengerti apa yg dirasakan mereka.

lagipula, kok lo sempet-sempetnya seh mempermasalahkan hal kayak gini?? Emang kemungkinan terburuk apa seh yang akan terjadi?

hueheuhue

Anang said...

suatu saat kita pasti berada pada kondisi seperti orang yang anda maksud.....

Cempluk Story said...

perhatian perhatian !! dilarang meludah di sembarang tempat!! ato anda kena marah mbak kana..siap laksanakan komandan, saya akan berpatroli menindak bagi yang ngeludah sembarang tempat..

Unknown said...

@yati:
wekeke.. ngeblog jangan sambil makan! xP
@eriek:
mestinya sih... tapi gimana yah??
@za:
mberrr!! mo marah banget gw liatnya!
@mata:
amien.. mudah2an deh ta xP
@standalone:
kemungkinan terburuka adalah semua umat manusia di bumi ini terkena penyakit flu parah yang diakibatkan oleh si orang yang membuang ludah sembarangan!!! buat gw ini MASALAH BESAR!! maap deh kalo buat lo ga penting x)
@anang:
mudah2an gw engga xP
@cempluk:
yang bener ya patrolinya! jangan mau kalo disogok duit 20-50ribu! minta 5 juta ajah! *lho*

Anonymous said...

wuekss....semoga ajah ngga nemu orang yg buang ludah didepan mata *berdoa*

Anonymous said...

ih.... yaiks....
sayah juga jijong bgt liat org suka ngeludah sembarangan.
najis tralalalalla...
sayah sering bgt mau muntah kalo ngliat org ngludah smebarangan.
lama-lama saya ga segan negor tmen-tmen kalo lagi ngludah sembarangan "ih... dasar jorok".
lama-lama,
ngliat ekspresi saya yg memelas eneg, mau muntah kalo ngliat org ngludah sembarangan,
akhirnya temen2 pada maklum.
dan ambil jarak di luar jarak pandang saya kalo pada mau ngludah.
hwehhehehehehehe...

Fatah said...

*Solusi yg coba ditawarkan* : Mungkin perlu dibuat tong sampah khusus 'ludah' atau mungkin org yg punya kebiasaan itu musti bawa 'kantong muntah' yg kaya di pesawat2x itu loh !

Anonymous said...

yaikkssss...

iya, sering ketemu orang2 jorok kyk gitu. jijik banget. kok ga malu ya? heran deh

pyuriko said...

waduh.... jorok ach.

Anonymous said...

wahhh spiteng.... hihihie...
abis itu spitting... bisa tuh spitting di spiteng.. asal mau ja sih :p

tjahaju said...

hates those spitting thing also..
byuh kok ga risih gitu ya di ruang publik kayak gitu.. wedew..
jorok emang!
deuh... jaga kebersihan and sekalian jaga image gitu napa..

*loh kok ikutan esmosi nih*

Unknown said...

@gita: amien...
@suep: huehehehe.... alhamdulillah atuh kalo gitu mah...
@fatah: yaiks! itu lebih jorok!
@venus: mberr...
@pyuriko: wekeke...
@rodrigo: wewww... o_O spanish! sory, dont understand here xP
@bebek: om bebek mo coba? xD
@tjahaju: sabar mba'e.. kita berantas saja yuk! tapi gimana solusinya ya...

Anonymous said...

oke, first of all, gw OL lagi. Tapi gw rada tersinggung sama posting lu sekarang, na. Masalahnya, gw juga salah satu orang yang mengidap hypersalivation. Tapi gw mah beradab lah, gw ga bakal ngeludah di depan cewe, apalagi ibu2 hamil, kecuali kalo kepaksa..

hehee.. komen yang lain ntar dulu ya.. gw kangen blogwalking nih!

dah kana! ditunggu di 29maret! (maksa.. ehhe)

Nieke,, said...

iya ih..
aku juga kalo' jalan jijay gitu kalo ngeliyad ada ludah berserakan di mana2..
yikes..

btw, yg sponbob itu tiketnya mahal kan ya Mbak Na..?
aku tak mampuuu.. hiks :(

Anonymous said...

sebaeknya sapu tangan senantiasa dibawa....karena emang sulit menahan saliva yang terlanjur keluar, ya mau gak mau kalo gak ditelen ya....di spletttt.......

kalo splet-nya sebarang....nah ini yang cilaka!

Anonymous said...

bener-bener, coba di tempat umum ada tempat meludah ya...!
halah ngimpi wong tempat sampah ja kadang gak ada ya....!

Unknown said...

@bodhi: asal lu ga ngeludah sembarangan, gw okey ajah..
@nnona nieke,,: yang sponbob sebenernya redaksi gw dapet id gretong.. cuman bukan gw yg dapet.. =.=
@mashuri: nah, itu dy yang na omongin!
@walahwalah: lagian jijay aja kaleee...