Friday, July 6, 2007

Tentang Khitan

Engga, saya gak akan ngebahas soal apa definisi khitan dan bagaimana praktiknya. Saya hanya ingin bercerita tentang khitan.

Jadi, ya, ternyata teknologi cara mengkhitan sudah semakin canggih saja. Kalau dengan menggunakan cara tradisional mengakibatkan rasa nyeri selama berhari-hari, sekarang, dengan teknologi terbaru, tidak akan lagi terasa sakit. *yah, gak tau juga sih, secara saya ga ngerasa apa2 waktu saya mengalami sirkumsisi ini ketika saya masih bayi*

Lho, kok bayi? Yah, katanya, sih, *saya gak hafal sunnahnya bagaimana* kalo anak perempuan itu, sirkumsisi *alias sunat alias khitan* nya harus dilakukan saat masih bayi. Umumnya, sih, dilakukan saat bayi itu berusia 4o hari. Tapi kalau di keluarga saya *katanya, sih, mengikuti sunnah Nabi, ga tau juga gimana sunnahnya* sirkumsisi dilaksanakan saat sang bayi genap berusia 7 hari! Yepz, masih orok merah udah disunat, deh! Dan itu gak cuma berlaku pada bayi perempuan, bayi laki-laki juga begitu. Pokoknya, setiap bayi yang lahir di keluarga kami, entah itu laki-laki ataupun perempuan, akan segera dikhitan saat ia genap berusia 7 hari.

Tadi pagi, saya ditunjuk menjadi juru foto di acara khitanan salah satu anaknya teman Ayah. Agak gak tega bin gemeteran, sih, waktu harus memotret gambar saat si 'burung kecil'nya dipotong. Soalnya dia nangis keras banget! Dan sebelumnya, dy asik becanda ketawa-tawa sama saya. Duh, kasian, deh.

Terus, saya (Sa) jadi ingat percakapan dengan salah seorang rekan kerja (RK) sepulang liputan kemarin di Senayan City.

RK: Eh, bo'! Ada, tuh, di daerah Tangerang. Tempat sunat eksklusif! Bisa kali diliput ama majalah lu!
Sa: Hah? Sinting lu, ya! Ngapain ngeliput begonoan?
RK: Yeh! Kan tempatnya eksklusif!
Sa: Eksklusif, maksud lo???
RK: Iya, jadi ada kelas-kelasnya gitu. Kalo lu pilih yang biasa, nih, musti ngantri. Trus nunggunya juga ngampar! Udah gitu, jangankan AC, kipas angin ajah gak ada! Pake hihid *alat kipas yang biasa dipake Om Benyamin kalo lagi ngadem di teras rumahnya di film Si Doel Anak Sekolahan* aja kalo punya! Huhuhu....
Sa: Terus, eksklusifnya bagian mana? Hihidnya?
RK: Bukan. Kalo lo pilih yang eksklusif, lo tinggal bikin appointment. Trus, begitu nyampe, lo langsung dibawa ke ruang khitan buat dikhitan. Selesai di khitan, bisa langsung pulang! Ponakan gw malah langsung loncat2! Hahahahah....
Sa: Sinting! Ponakan ama tante ga ada beda! ahahahah....
RK: Ember! Sinting lu ya bo'! Gw udah lewat kalii disunatnyah!
RK: Terus ya, bo'! Ga pake sakit!
Sa: Dibayar berapa lo ama tu tempat sunat?? Sampe segitunya promo ama gw! Gw gak bakal disunat! ahahah....
RK: Ih, orang seriusan! Liput deh! Entar gw kasi nomer telponnya.
Sa: Ogah! Lu aja sono! Liput gedungnya! Liput yang ngampar-ngamparnya!

*teman saya ini wartawan di sebuah tabloid tentang arsitekstur dan dekorasi rumah*

Tuh, 'kan! Dulu-dulu, yang saya tau, selain dengan cara tradisional yang *katanya* menyakitkan itu, teknologi canggihnya adalah dengan menggunakan sinar laser, terus ada lagi smart klamp *jangan tanya apa ini, saya juga pengen tahu kalo ada yang ngerti* Nah, gak tau deh tempat sunat yang direkomendasikan sama teman saya itu pake teknologi apa. Atau jangan-jangan ada lagi yang lebih canggih dari smart klamp *setau saya yang ini yang tercanggih, tapi saya juga ga ngerti proses pemotongannya kek gimana, blom pernah liat*

Ah, sudahlah! Nambah lagi deh satu keanehan dan ketololan saya. Suka penasaran sama teknologi sunat menyunat! xP Eh, tapi saya serius, lho! Pengen banget tau teknologi smart klamp itu yang kaya gimana.... Pliz.. kalo ada yang tau kasih tau saya ya... ^^v

Gambar diambil dari sini.
Gambar di atas adalah gambar gua dari Mesir Purba tentang sunat, pada dinding dalam Temple of Khonspekhrod, c. 1360 SM.

12 comments:

Anonymous said...

muahaha.. pertamax!!

yaiyalah gw lagi ched ama luw..

lho dulu bukannya kalo sunatan (cowok) dipotongnya pake keris?? nggak ya?

Juminten said...

waaaaaaaaaa... ada apa neh tiba2 juragan ngomongin masalah sunat? hmmm... *curiga[dot]com* ;P

Anonymous said...

wah na, bentuk burungnya gimana. imut ngga ?***hayah - ngga sopan***

Fatah said...

Pengalaman pribadi :
waktu dulu mau khitan, aku dikasih pilihan mau cara tradisional atau pake laser !

dan akhirnya aku pilih yang tradisional, soalnya walaupun pake laser bisa cepet sembuh, tapi resiko terjadinya 'kebakaran' membuat aku takut :(

Darkpuccino™ said...

bahkan ada yg saat lahir sudah ter-sunat.. Subhanallah... Allah memang maha besar

Anonymous said...

Sebenarnya teknik khitan yang lagi "rame" sekarang lebih tepat disebut menggunakan cauter bukan Laser. Karena faktanya tidak satupun alat Laser yang dipergunakan. Yang dipergunakan sebenarnya adalah electrocautery (kater listrik) dengan bantuan alat yang dinamakan ESG. Prosedur sama dengan khitan biasa tapi saat memotongnya menggunakan alat tersebut (yang biasa menggunakan gunting atau pisau bedah).

Unknown said...

@bodhi: oh, jadi dulu lu dipotong pake keris ya bodh?
@-nilla-: gpp, cuman pengen tau maksud smart klamp itu apaan xP
@mata: umm.. gimana yaa... xP
@fatah: 'kebakaran'? emang udah rimbun yah? ups! xP
@mr.cappuccino: iya bener... subhanallah...
@mashuri: oh, gitu ya dok... lha terus yang smart klamp itu maksudnya apa ya dok? *tetep penasaran*

Anonymous said...

menambahkan sedikit ya:

Smart clamp salah satu cara yang dipergunakan untuk khitan (cowok) menggunakan metode jepit dengan alat plastik disposable.

Cara ini masih jarang, karena memerlukan alat yang memerlukan keterampilan lebih dulu (tidak ada dalam teksbook standar kedokteran umum). Bisa jadi alat tersebut juga masih mahal.

Lalu, juga ada metode cincin atau zhenxi circumcision ring=ross circumcision ring yang mulai diperkenalkan sejak tahun 1942.

Sandy said...

ada teknik baru..tanpa sakit, tanpa sadar.. disunat ama jin..

yg susah bikin janji ama jinnya tuh.

Hihihihi...

Anonymous said...

ih.... ga kebayang yah pas jaman mesir kuno sakitnya kayak apa

Unknown said...

@mashuri: oh,gitu... thx atas penjelasannya ya dok! xP btw, katanya bisa dipesen gitu yah mo model apa? *keknya yang ini gw diboongin deh xP*
@sandy: cari nomer kontaknya dunkz! kan jadi gampang janjiannya! xP
@suep: mberrr...!!!

Beni Suryadi said...

kalo untuk umuran se gue, bisa sunat dimana ya?

butuh info nie..
hehehe