Wednesday, March 21, 2007

Holiday Report *while sneezing badly*

Hatsiiyyy!!! Srooootttt..... <maaf, saya sudah 3 hari ini kena serangan pilek jadi kalo denger suara bersin ato menyedot ingus, maaf yaaaa :D>

Makasih.. makasih.. sebelumnya buat yang sudah menyempatkan diri menengok blog ini meski belum ada updetan *bahkan updet terbaru isinya ga penting, cuma pamit mo libur :p* Yah, sudah beberapa hari ini saya kena pilek. Ga tau, deh, ketularan di mana. Yang jelas, saat ini hidung saya yang ukurannya cukup besar ini sulit digunakan untuk bernafas dikarenakan lendir2 ingus yang menyumbat lubang hidung yang juga besar. Sorry if sounds nasty.. :p

Kalo ada yang mau tau apa yang saya kerjakan saat liburan, jawabannya beberes kamar dan main sama sepupu2 cilik saya yang nggemesin sekaligus nyebelin karena yang satu doyan ngerengek, yang satu lagi doyan ngompol *secara baru 6 bulan* Sempet jalan2 juga, sih. Karena seorang teman ngabarin kalo di Gramedia lagi ada sale buku n komik langsung aja melesat ke sana. Lumayan, 1 komik harganya cuman Rp. 2.500,- *tapi komik lama yang sebagian besar sudah lengkap saya koleksi T_T* jadi saya batal hunting komik dan beralih ke hunting buku & novel. Lumayan juga, dari yang tadinya harga minimal 25ribuan di sale jadi 5-10ribuan! Hemat gila!!! Sampe habis deh duit jajan bulan ini T_T but its okay, demi menjaga dan memenuhi nafsu baca saya yang sudah mulai terkontaminasi bacaan anak2 gara2 keseringan ngereview novel ato cerita anak :p

Jadi sepanjang liburan 3 hari, ga cuma beberes kamar dan main sama sepupu cilik, tapi juga baca buku & novel sale dari Gramedia!! :D *feels like in heaven*

Di antara sekian banyak buku yang saya beli, ada bukunya NoRiYu a.k.a Nova Riyanti Yusuf. Judulnya "Libido Junkie: a memoir for the radicals". Isinya kumpulan essaynya yang pernah dimuat di majalah Djakarta! & Gatra. *btw, believe it or not, sampe detik ini saya blom pernah baca majalah Djakarta!*

Dan di antara sekian banyak essay di dalamnya, saya paling tertarik sama yang judulnya "Tahun Baru: Yakin Bisa Positive-Thinking?" She's mostly give a line to the habit of reading for Indonesian people on this essay. Dan saya setuju dengan apa yang dikemukakannya. Saat ada sebagian orang yang benar2 peduli pada minat dan kebiasaan membaca yang sebaiknya diterapkan sejak masih usia kanak-kanak, mereka (baca: orang2 pemeritahan teratas) justru memandangnya sebagai hal yang tidak penting. Tidak percaya?

NoRiYu mencontohkan sebuah seminar yang nara sumbernya salah satunya adalah NoRiYu. Tema seminar yang diadakan di Denpasar itu adalah "Gerakan Sosialisasi Minat Baca" Dan direncanakan, Gubernur Bali pada saat itu akan hadir untuk ikut serta dalam seminar tersebut *entah, ya, sebagai peserta ato nara sumber ato sekedar pajangan* Sayangnya, ia BATAL hadir. See, kalo dia (baca: gubernur itu) meluangkan waktu untuk hadir meski hanya sekedar setor muka, itu akan sangat menunjukkan keseriusannya dalam mendukung Gerakan Sosialisasi Minat Baca tersebut 'kan? But he's not there. Oke lah, mungkin dy sedang ada urusan yang LEBIH penting! *pret-dut-cuih!*

Saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan NoRiYu. Saya pernah diundang meliput konpers sebuah acara lomba penulisan err... pokonya intinya, tulisannya adalah tentang bagaimana seorang guru menerapkan kurikulum pembelajaran Sains di sekolah. Direncanakan menteri pendidikan saat itu akan hadir untuk ikut berbicara dalam konpers sehubungan beliau adalah salah satu juri lomba tersebut. But he didn't come and sent one of his staff to represent him on that conpers. Padahal menurut saya, acara ini cukup penting. As we know, banyak siswa *termasuk saya, dulu* menganggap bahwa belajar Sains itu membosankan. Nah, lomba ini 'kan bisa jadi salah satu cara bagi pemerintah untuk mensosialisasikan bahwa belajar Sains itu TIDAK akan membosankan jika kita belajar dan guru mengajar Sains dengan teknik dan metode yang benar dan cocok. Sehingga kelak, anak Indonesia tidak lagi bodoh dalam hal Sains. Sayangnya, "urusan" lain menjadi jauh lebih penting ketimbang hal ini.

Padahal, seandainya saja para pejabat itu mau meluangkan sedikit saja dari sekian banyak waktunya yang sangat berharga itu untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa ia peduli pada program yang dicanangkan oleh departemennya atau pemerintahannya, tentu masyarakat tidak akan kehilangan kepercayan pada pemerintah seperti yang terjadi saat ini. Karena apa yang dilihat masyarakat adalah, para pemimpin melupakan masyarakat meski masyarakat yang memilihnya menjadi seorang pemimpin sedang kesusahan karena berbagai bencana yang datang silih berganti menimpa bangsa ini.

Jadi ingat postingan Jeng tomboy yang satu ini. Yang penasaran, silahkan baca sendiri di blognya. Sudah saya kasih link tuh :p *saya malas mengetik ulang :p*

p.s. isi postingan ini ga cocok sama judulnya ya? tapi ada yang nyambung 'kan? :p

11 comments:

Anonymous said...

aku juga lagi pilek lho mbak kana... hehe. etta kurang suka baca buku gitu siih jadi gak ngerti yg diomongin mbak kana.. etta sukanya teenlit **maklum anak muda...=P**

dezz said...

wah yg lagi sakiit... cepat sembuh ya!!

traktir?apa es krim aja (lho!!) hehe...
mau kopdar,,yuk!! sabtu datang aja ke acara all about japan di taman ria senayan mau nggak??...
dezz berniat datang soalnya

orangcurhat said...

smoga cepet sembuh yaa...

me said...

hiyeh.. kana lagi flu.. musim juga kayaknya yah.. cepat sehat kembali jeng.. :)

wow, enak banged diskon novel sampe harga segitu. adududuh.. ngiler dot commmm.. ikzz..
di sini ga ada gramedia :(
-menderitanya ikz-

Anonymous said...

kena pluuuw yah na... minum jahe dong.. biar angeeet...
btw liburan 3 harii kemarin lumayan rame buat aku... :P
berbanding terbalik yah...

Anonymous said...

AAAAAAAAAAAAARRRRRRGHHHHHH GW KELEWATAN DISKON GRAMEDIAAAA!!!! dan penyebabnya adalah : ketiduran.

yup, btul sekali, sementara anda bebersih dan lain2, saiia TIDUR.

-ndutyke said...

aku...
ini baru bulan maret...
uda 2x kena pilek, 1x gejala tipes..

wessss.... *dokter mahal modeON*

cepet sembuh :)

Darkpuccino™ said...

welcome back kana...! duh ingus nya kemana2 tuh.. huehehe :P

Anonymous said...

kok paga musim flu sih...
na,.. dah sembuh kan...??

dulu katanya ada bonus belanja di gramed, kalau belanja sampai 200rb bisa ngambil buku apa saja dalam waktu 10 detik./..

Unknown said...

@etta: gpp say, ntar juga suka :D
@dezz: ayuuukkk... besok ketemu di Jtopia!!!
@orangcurhat: tengkyu!!
@eva: weks? ga ada gramedia? bisa mati kering gw!! :p
@bebek: iya niy om.. *sroottt!!
@bodhi: libur 3 hari terlalu berharga untuk dihabiskan hanya dengan tidur!!
@missteacher: gimana tho? kan udah punya pacar.. ko sakittt o_O
@mr.cappuccino: maaph... *ngelap2 ingus yang berceceran*
@mata: what? diitung dari langkah pertama di meja kasir mpe ke rak buku? keburu abis dunkz!!! :S

Antown said...

saya juga suka karya noriyu, enak dibaca dan perlu hehehe....