Tuesday, October 30, 2007

Marriage Problems

Hari Minggu (28/10/07) kemarin, saya bersama beberapa teman semasa SMA datang ke sebuh acara repsepsi pernikahan salah seorang teman kami yang akrab kami panggil Yayank. Dan lagi-lagi saya harus menghela nafas saat mendengar salah seorang teman memberanikan diri untuk melangkah ke tahapan hidup selanjutnya yaitu pernikahan.

Helaan nafas itu bukan karena saya sedang sangat ingin menikah. Tapi karena saya harus kembali mendengar Ibu bertanya kapan saya segera menikah. I'm still 23 but my mom's in hurry to get me married. Iya, saya sudah bertukar cincin dengan si Mr. Gentong. Tapi ternyata ada beberapa hal prinsipil yang muncul belakangan dan belum dapat terselesaikan hingga kini. That's why, I still haven't announce my wedding day here and my mom keep asking me when.

Sedih? Pastinya lah! Saya sedih melihat Ibu seperti orang yang merana karena anaknya belum juga menikah. Padahal saya masih 23 tahun! Insya Allah, masih panjang langkah saya dalam mengarungi hidup yang berliku ini. But what can I say? Karena hal yang prinsipil itu harus diselesaikan sebelum pernikahan itu terjadi dan bukan setelahnya.

Balik lagi ke pertemuan dengan beberapa teman yang pergi bersama hari Minggu kemarin. beberapa di antara kami sudah ada yang menikah. Bahkan ada yang baru lulus SMU sudah memutuskan menikah. Dan kini ia menyesali keputusannya karena ternyata suaminya kurang bertanggung jawab.

Berkali-kali saya diingatkannya untuk berpikir ulang perihal keputusan menikah. Alasannya, ia tak mau saya mengalami apa yang ia rasakan karena memiliki seorang suami yang tidak bertanggung jawab. Bukan berarti Gentong adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Sepengetahuan saya selama menjalani hubungan ini, ia adalah seseorang yang cukup bertanggung jawab. Hanya saja masalah prinsipil itu membuat kami belakangan ini terus menerus kebingungan mencari jalan penyelesaiannya. Ok, enuf for talking about my relationship!

Menikah memang bukan masalah sepele. Meski prosesinya hanya memakan waktu paling lama 30 menit, tetapi mengambil keputusan untuk menikah bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan. Banyak hal yang harus direncanakan terlebih dahulu. Agar kelak setelah pernikahan itu terjadi, tidak ada permasalah yang serius yang bisa berujung pada sebuah perceraian.

Tentu tidak ada seorangpun yang ingin bercerai *ummb, kayaknya gitu ya...* Tapi godaan perceraian itu akan selalu menghantui setiap pasangan suami istri dikala mereka dirundung masalah. Saya sih tentu berharap pernikahan saya kelak tidak akan berujung pada perceraian. Karena itulah saya kembali berpikir tentang keputusan besar itu.

Well, enuf said! Kalau diteruskan, bisa-bisa postingan ini membongkar aib saya! Haqhaqhaq...

Eniweyz, Congratz for my dear Yayank... semoga lo bahagia dengan si "Aa" ini. Please pray for my wedding as soon as possible! Heuheuheu....

14 comments:

Unknown said...

Jadi kapan, Na? *sok jadi ibu padahal dirinya sendiri belom berani*

Anonymous said...

jangan sampe nyesel mbakk..
kalo ndak nyaman, jangan berkeputusan..
sayah sendiri ajah mikir, ndak bakal merit sampe bener bener nemu orang yang click buwanget.
ndak pengen kejadian bapak ibu sayah keulang.
*sok dewasa*

Fatah said...

Memang sebelum menikah itu perlu banyak persiapan *sok tau*.. salah satu-nya persiapan mental untuk siap menerima pasangan apa adanya *sok tau lagi*

btw, Mohon Maaf Lahir Batin dulu nih :)

aLe said...

Dilematis memang *halah*

Anonymous said...

Jangan sampai akhirnya menyesal Na seperti temannya Na, biar bagaimanapun ini hanya utk sekali dalam seumur hidup, semoga.

Ketika sudah memasuki gerbang pernikahan, semuanya kan berubah... kewajiban dan tanggung jawab harus dijalankan bersama.

Semoga diberikan yang terbaik untuk Na...

Selamat juga untuk Yayank,..
Barakallahu, semoga kelak menjadi keluarga SaMaRa...

Hidayatullah said...

keadaan di sekitarmu ga jauh beda dengan yang ada di sekitarku.
temen SMAku mulai berbalas pantun. si A menikah, si B berikutnya. sahut-menyahut gitu..
aku pikir, pantunku belum tersusun dengan baik. berarti aku masih lama. kuliah juga belum kelar.
semua ada waktunya. asal jangan cuma nunggu waktu tapi usaha dan do'a juga perlu..
serahkan saja pada Tuhan!
trus pecahin gelasnya, biar rame!

Nieke,, said...

Lambat asal selamat aja mbak Na *menambah sederetan komen2 petuah buat mbak Na.. heuheuheu xD*

30 menit yang akan membawa kita ke dalam ke kehidupan seumur hidup..
ck..ck..ck..

duh, aku kapan ya? :D

Anonymous said...

kalo saya mau bilang apa ya?menikah di usia muda .. teman saya banyak. yang belum menikah sampai skrg juga ada. Yang bahagia karena udah menikah ada, yang menyesal menikah cepat ada jg, yang senang sendiri ada, yang stress karena belum nikah juga ada.

Adi said...

"I'm still 23 ...."
Apalagi saya yg udah ... (eh hampir keceplosan :P )
Tp nasibnya sama dengan daku walaupun udah gak ada ibu tp nenek yg gantian cerewet hehe~

Anonymous said...

kapan nikah ?? kayak di iklan aja mbak, djawab may..hehehe..bcanda ding..wah ada banyak yg nikah bulan ini, kemarin sabtu cempluk jadi panitia pernikahan kakak sepupu..

Anonymous said...

kan..???umur situ brp tho..???

*gitu aja kok repot*

Juminten said...

*nyewa detektif buat mencari tau : ada apa dgn juragan?* xP
Optimis dulu lah juragan...
Just do what the best you can do!
Toh jodoh udh diatur sama Allah.
Kita hanya wajib berikhtiar.
Biarkan Allah yg menentukan endingnya! ;)
Ga usah takut gagal!
Karena sepahit2nya kegagalan, pasti akan membawa hikmah!
*berasa jd penceramah di mesjid2*


Go Juragan Go...!!!
Jumi selalu mendukungmu!
Ayo, kirim undangannya ke kostan sayah!
Atau mau saya jd pager ganteng? *eh???*

Unknown said...

@isnuansa_maharani: tunggu tanggal mainnya! hehehe..

@-tikabanget-: that's what i want to say on this post :)

@fatah: yupz! exactly!

@aLe: *ngakak*

@iko: thx ya iko.. gimana kabarnya sekarang?

@hiday: nyokap gw bisa ngamuk kalo gelasnya dipecahin mlulu! hehehe...

@nona nieke: hah? 30 menit? lagunya jamrud? *ketauan umurnya*

@putu: sama dunkz! gw juga punya yang kaya begonoh :p

@adi: hayooo umurnya berapa?! haqhaqhaq...

@cempluk: lha terus cempluknya kapan jadi penganten? apa mau bareng sama Na nanti? xP

@escoret: ya repot dong om! kan kemaren udah pengumuman!!

@juminten: kalo juragan kirim undangan wajib dateng ya jumi! jangan lupa isi angpaw-nya!!

@project71: hah? maksut loh? makasih, tapi gw blom perlu.. :)

datum said...

jangan kelamaan mbak berfikirnya... kalo kelamaan bakal ketemu titik jenuh yang akhirnya g bakal solve apapun...

sedikit kompromi kayaknya gapapa... dibandingkan click yang dipaksakan...

*ngelirik comment yang baru diketik...* nulis apaaa aq ini :p hehehehehe

anyway, salam kenal yang mbak-yang-bakal-nikah-bentar-lagi ^_^